-->

RESEP CARA MEMBUAT RAMUAN JAMU BERAS KENCUR

resep-dan-cara-membuat-minuman-beras-kencur

Resep Dan Cara Membuat Ramuan Jamu Beras Kencur - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas apa saja manfaat dari  mengkonsumsi minuman herbal beras kencur. Beras kencur adalah minuman herbal tradisional yang masuk kedalam golongan minuman jamu-jamuan ini adalah minuman tradisional khas asli Indonesia yang berasal dari jawa tengah. Minuman ini sangat digemari oleh para wanita maupun para pria karena rasanya manis dan segar sehingga mampu menyegarkan badan bagi orang-orang yang meminumnya, pun manfaat dan khasiat dari mengkonsumsi minuman herbal tradisional alami beras kencur ini sudah terbukti sejak dulu untuk kesehatan tubuh.

Minuman herbal tradisional beras kencur ini adalah minuman sehat alami yang secara turun temurun diwarisi oleh nenek moyang kepada kita karena sangat kaya akan manfaat, khasiat dan kegunaannya bagi kesehatan tubuh seperti manfaat beras kencur untuk menambah nafsu makan, biasanya untuk orang-orang yang sangat susah makan, mereka mengkonsumsi beras kencur sebagai obat pembangkit nafsu makannya yang susah, ini pun akibat tingginya kandungan Vit. B pada beras kencur. Pun beras kencur juga dijadikan minuman obat yang berfungsi untuk meringankan sakit linu dan pegal pada tubuh.Kandungan zat analgesic pada yang cukup banyak pada beras kencur memberikan efek yang berdampak pada mengurangnya rasa sakit ketika badan terasa pegel-pegel, linu, sehingga ketika mengkonsumsi minuman herbal beras kencur badan akan terasa santai dan rileks.

Sekarang ini sudah banyak kita temukan dipasaran minuman herbal instant beras kencur. Tetapi minuman instant herba beras kencur ini sudah sangat banyak yang dipalsukan. Tentu saja pelakunya adalah oknum-oknum yang sangat tidak bertanggung jawab yang hanya memikirkan keuntungan yang besar tanpa memperhatikan dan mempedulikan akibat yang ditimbulkan dari penggunaan bahan-bahan yang tidak alami kepada kesehatan para konsumen. Ya, biasanya para oknum ini memalsukan produk minuman herbal instant beras kencur dari produsen-produsen minuman herbal instant yang memang sudah sangat terkenal dipasaran.

Untuk itulah kita sebagai konsumen diperlukan tindakan preventif yang sangat hati-hati dalam mengkonsumsi minuman herbal instant ini. Bertindak selektif, memperhatikan dengan sangat teliti produk-produk yang akan dikonsumsi oleh kita. Jangan karena tertarik pada murahnya harga minuman herbal instant saja lantas kita memutuskan untuk membeli dan mengkonsumsi minuman herbal ini.

resep-membuat-minuman-herbal-beras-kencur

Resep Dan Cara Membuat Minuman Herbal Beras Kencur

Sebenarnya minuman herbal tradisional beras kencur ini bisa kita buat sendiri dirumah toh bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat minuman herbal sehat alami ini sangatlah mudah didapatkan, baik dipasar-pasar tradisional dan supermaket. Selain sehat, minuman herbal yang kita buat sendiri dirumah pun bisa lebih terjaga mutu dan kualitasnya, kehigienisan minuman herbal alami beras kencur ini pun lebih bisa terjaga.

Untuk bisa membuat minuman herbal beras kencur ini, berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya:
A. Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Beras kurang lebih sebanyak 200 gram. Beras yang digunakan adalah beras putih bersih dan beras yang tidak beraroma.
  • Rimpang kencur kira-kira sebanyak enam jari ukuran jari orang dewasa atau dua rimpang kencur seukuran dua jari orang dewasa, kemudian cuci sampai bersih rimpang kencur tersebut.
  • Asam Jawa sebanyak 2 sendok makan
  • Gula jawa atau gula aren sebanyak 240 - 260 gram
  • Jahe lokal (kuning) ukuran sedang kurang lebih sepanjang dua jari orang dewasa ingat ya, jahe pun dikupas dan dicuci bersih sebelum dipakai dan digunakan.
  • Daun pandan segar kurang lebih dua helai saja dan cuci dengan bersih sebelum digunakan.
  • Buah Jeruk nipis ukuran sedang besar sebanyak 2 buah saja. Belah menjadi beberapa bagian dan ambil air perasan jeruk nipisnya.
  • Garam dapur beryodium dan air bersih matang secukupnya
  • Gula pasir atau madu secukupnya jika memang diperlukan, atau bisa menjadi pemanis alternatif ketika anda tidak suka dengan gula pasir atau gula jawa.
B. Cara membuat ramuan minuman herbal beras kencur:
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam 200 gram beras yang sudah  dipersiapkan dengan air bersih selama kurang lebih 3 jam.
  • Setelah selesai direndam selama kurang lebih 3 jam, maka rendaman beras tersebut bisa ditumbuk atau diblender, dan gunakan saringan atau kain tipis untuk menyaring beras tadi mendapatkan sari patinya saja.
  • Ambil panci buat rebusan. Masukkan kurang lebih 6 gelas air bersih ke dalamnya dan hidupkan kompor dengan api sedang. Masukkan jahe, asam jawa, daun pandan, kencur, kunyit dan gula jawa ke dalam pancinya.
  • Kemudian aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata dan sempurna.
  • Sajikan minuman herbal alami beras kencur baik dalam keadaan hangat maupun dalam keadaan dingin.

Sangat mudah bukan membuat minuman herbal alami beras kencur ini ternyata, tidak sesulit yang kita bayangkan tentunya. Minuman herbal alami beras kencur ini tentunya akan sangat bermanfaat utuk kesehatan tubuh yang berguna untuk menjaga stamina dan menjaga kesehatan fisik tubuh kita secara langsung sehingga tubuh kita jarang sakit. Pun minuman herbal beras kencur ini sangat bermanfaat dan berguna sebagai obat penyembuh berbagai macam penyakit tentunya. Selamat mencoba resepnya ya...!!

No comments