-->

CARA MENANAM TANAMAN OBAT HERBAL DIPEKARANGAN RUMAH

Tips dan Cara Menanam Tanaman Herbal Dihalaman Rumah - Kesadaran masyarakat kita sekarang akan kebutuhan obat-obatan herbal tradisional sekarang ini semakin tinggi, secara perlahan masyarakat mulai belajar untuk mengetahui khasiat kandungan dari obat-obatan herbal tradisional. Dari situ kemudian muncul semangat bahwa masyarakat ternyata memerlukan tanaman-tanaman obat yang bisa ditanam dipekarangan rumahnya, mencari tahu bagaimana apa saja manfaat dari taman obat keluarga, manfaat dari taman obat keluarga serta caranya menanam obat herbal dipekarangan rumahnya, tanaman yang mempunyai khasiat obat untuk keluarganya ketika salah satu anggota keluarganya terserang sakit.

Ya, kita tahu bahwa tanaman obat-obatan herbal mempunyai banyak manfaat sebagai pencegah dan pertolongan pertama bagi keluarga ketika mereka sakit dan ketika mereka sedang membutuhkan suplemen penjaga stamina. Keuntungan ketika kita menanam obat herbal dipekarang rumah adalah kita bisa memanfaatkannya secara langsung ketika kita memang sangat membutuhkannya, tanpa perlu repot-repot mencari bahan obat ramuan yang dijual dipasaran, hehehe....

cara-menanam-tanaman-herbal-dipekarangan-rumah

Secara perlahan pun, perkembangan obat herbal tradisonal saat ini sudah banyak dilirik oleh perusahaan besar obat-obatan modern (farmasi) dengan melakukan riset pembuktian kandungan obat-obatan herbal tradisional yang bisa dijadikan sebagai obat untuk penyakit sehingga obat herbal tradisional ini bisa dikemas lebih modern hingga masyarakat sekarang pun tidak perlu susah-susah meramu dan membuatnya secara langsung. Artinya bahwa perusahaan farmasi memberika cara praktis untuk masyarakat dalam mengkonsumsi obat-obatan herbal yang mereka butuhkan.

Obat-obat herbal tradisonal yang sudah dibuat dan kemas oleh perusahaan farmasi ini tentu akan dijual dengan standart harga produksi mereka, sehingga mungkin tidak banyak orang akan merasa mampu untuk membeli produk-produk obat herbal yang mereka jual kepasaran. Tapi tidak usah khawatir ya sob, kita harus bisa kreatif mencari info bagaimana sih caranya agar kita bisa tetap mengkonsumsi suplemen herbal maupun obat-obat herbal agar kesehatan badan kita tetap terjaga serta terawat dengan baik.

Lalu bagaimana cara....? seperti disebutkan diawal tadi sob, carilah info tentang bagaimana cara membuat ramuan herbal yang bisa dengan mudah diracik dan dibuat oleh kita sendiri, yang kedua, carilah info obat-obatan herbal tradisional apa saja yang bisa kita jadikan sebagai pendukung obat ketika kita terkena sakit ringan, yang ketiga, obat-obatan herbal apa saja yang bisa kita tanam dipekarangan rumah secara praktis agar ketika kita membutuhkannya kita bisa langsung dengan mudah mendapatkan bahan obat-obatan herbal ketika kita sedang dilanda sakit. Artinya banyak cara agar terus bisa sehat... Banyak cara untuk tetap bisa sehat dengan tidak membutuhkan biaya perawatan kesehatan yang tinggi dan terlalu mahal.


Menyiapkan Media Tanam Tanaman Obat Herbal

Lantas, bisakah tanaman yang bisa dijadikan obat herbal itu bisa kita tanam dipekarangan rumah kita...? Sebenarnya tanaman obat herbal apa saja yang bisa kita tanam...? bukankah itu membuat ribet diri kita sendiri...? Hehehehe... Tenang sob, jangan menanamkan sugesti 'ribet' terlebih dahulu dikepalamu sebelum kita benar-benar bisa menganalisis langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan, artinya kita harus kembali ke analisis awal yang menjadi pertanyaan kita seperti diuraikan diatas, bahwa untuk bisa sehat kita tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Bukankah itu tujuan kita untuk menanam tanaman obat herbal yang bisa kita tanam sendiri dirumah...? Ayo semangatlah...

cara-menanam-jahe-dalam-polybag

Menanam tanaman obat dipekarangan rumah kita sendiri tentu membutuhkan lahan yang lus seperti yang mungkin kita bayangkan sebelumnya, ini mungkin menjadi salah satu asumsi 'ribetnya' ada diwilayah ini kali ya sob...? hehehe... Oke, jangan lupa sekarang bahwa media tanam menggunakan polybag dan media pot juga bisa kita gunakan untuk menanam tanaman obat-obatan herbal, nyatanya bukan hanya tanaman hias dan sayuran saja yang bisa kita tanam dimedia tanam polybag dan pot. Dari asumsi itulah kita bisa tahu ternyata bukan hanya tanaman hias dan sayuran saja yang bisa kita tanam dalam media polybag dan pot saja kan, lantas bagaimana cara membuat media tanah yang baik yang bisa digunakan untuk menanam tanaman obat-obat herbal yang bisa digunakan pada media polybag dan pot tersebut...?

Tentu saja kita tidak perlu khawatir dengan persoalani ni, bukankah kita tahu bahwa sekarang sudah banyak diperjual belikan media tanam tanah ditempat-tempat toko pertanian dan tempat penjualan tanaman hias, sekarang tinggal bagaimana kita mencari info yang baik soal meracik tanah dengan komposisi tanah yang pas agar bisa digunakan sebagai media tanam yang baik pada media tanam polybag dan pot. Kompisisi itu antara lain adalah Kompos atau humus, arang sekam padi, dan tanah itu sendiri, secara praktis ketiga bahan itu sudah dikemas dan dijual satu persatu ditoko pertanian dan toko tanaman hias, sudah tidak ribet bukan untuk memecahkan masalah lahan dan tanah agar kita bisa tetap menanam tanaman obat-obatan herbal tradisional.


Media Tanam Dengan Menggunakan Polybag Dan Pot

Tanaman herbal yang bisa kita tanam pada media polybag dan pot adalah tanaman yang tentu saja tidak membutuhkan lahan yang cukup memakan tempat ketika kita menanamnya, bukan apa-apa kita memang sangat perlu memilih tanaman yang cocok untuk pekarangan rumah kita, terlebih ketika pekarang rumah kita sangat sempit, sempit, terbatas atau ketika kita tidak punya pekarang rumah sama sekali. Dari alasan itulah kita perlu memilah tanaman obat herbal yang cocok untuk kita pilih. Kita ambil contoh kita bisa memilih menanam tanaman obat seperti jahe, lengkuas, kencur, kunyit, temulawak dan mungkin juga lidah buaya untuk bisa kita tanam dipekarang kita.

Beberapa tanaman obat-obatan tersebut sangat mudah kita budidayakan sendiri dengan menggunakan media polybag dan pot dan tidak perlu membutuhkan media lahan yang cukup luas. Kita sengaja memilih jenis tanaman itu adalah karena tanaman obat-obatan itu mempunyai karakteristik tanaman yang tumbuh tidak terlalu tinggi, tidak berbatang. Ya, tanaman-tanaman obat tradisional ini masuk kedalam jenis tanaman rimpang-rimpangan dimana karakteristik tumbuhnya adalah menjalar dipermukaan tanah, dan yang kita ambil dari tanaman rimpang ini adalah akarnya, akarnyalah yang sebenernya yang kita ambil sebagai bahan untuk dijadikan obat-obatan tradisional herbal tersebut.

Dari semua penjelasan yang ada tentang cara menanam obat herbal dipekarang rumah maupun dihalaman rumah ini mungkin akan dianggap kurang lengkap oleh anda, tetapi mudah-mudahan artikel bisa menambah sudut pandang agar kita mau sedikit kreatif dan berusaha menanam tanaman yang berkhasiat untuk obat-obatan herbal sehingga kita bisa menggunakannya secara langsung dan tidak perlu repot-repot mencari bahan-bahan obat tadi ketika kita sedang terserang penyakit ringan, ya kita tau bahwa tanaman rimpang ini bisa dijadikan sebagai obat pertolongan pertama ketika kita sakit tho...? hehehe... So, jangan khawatir bahwa kita akan kesusahan mempersiapkan kesemuanya itu, toh ketika kita mau berusaha mewujudkannya kita akan dengan sangat mudah memperoleh semangat untuk diri kita. Ternyata sehat itu tidak perlu mahal.....!!!!

No comments