-->

CARA MEMBUAT SUSU SARI KEDELAI RUMAHAN

cara-membuat-susu-sari-kedelai-rumahan

Tips Dan Cara Membuat Susu Kedelai Rumahan Sendiri - Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas soal manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh, maka artikel kita selanjutnya adalah membahas bagaimana cara membuat susu sari kedelai yang sehat, murni, enak, dan tentu saja higienis, susu kedelai buatan rumah sendiri atau biasa disebut home made. Cara dan tips membuat susu kedali murni dan higienis ini sengaja ditulis agar kita bisa membuat susu sari kedelai yang benar dan enak, sehat dan higienis,  buatan sendiri.

Dengan kita membuat susu sari kedelai sendiri dirumah, kita akan lebih bisa memperhatikan tingkat kebersihan dan tingkat kehigienisan susu yang kita buat dan mungkin juga bebas dari bahan pengawet yang sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Pembuatan susu kedelai ini adalah dengan memperhatikan hal-hal bahwa susu kedelai dibuat agar susu kedelai tidak langu, enak dan tidak cepat basi tanpa menggunakan bahan-bahan pengawet. Bukan bermaksud mencurigai atau tidak percaya kepada para produsen dan penjual susu sari kedelai yang sudah ada, disini kita hanya menjaga kehati-hatian saja. Karena memang sekarang ini banyak oknum-oknum penjual minuman susu sari kedelai yang tidak fair dalam membuat susu sari kedelai ini. Mulai dari menambahkan dan  mencampurkan bahan-bahan pengawet agar susu sari kedelai tahan lama dan mungkin saja  menambahkan bahan-bahan pembuatan susu sari kedelai dengan bahan lainnya karena harga kacang kedelai sebagai bahan utama sering melonjak naik harganya dipasaran dan mungkin juga para produsen penjual susu sari kedelai ini tidak terlalu memperhatikan faktor kehigienisan olahan susu sari kedelai yang dibuatnya, sehingga susu yang dihasilkan tidak lagi murni, sehat dan higienis.
  
Dari beberapa faktor itulah kita disini belajar kita belajar bagaimana caranya membuat susu sari kedelai ala olahan rumah dan tangan kreatif kita sendiri. Karena susu sari kedelai yang kita buat sendiri dan akan dikonsumsi sendiri maka kita pasti akan lebih memperhatikan faktor kebersihan (kehigienisan) dan faktor kemurnian susu yang tidak mungkin dengan penambahan bahan-bahan lainnya yang tentu saja akan menyebabkan gizi dan nutrisi dari kandungan alamiah susu sari kedelai ini menjadi hilang atau bahkan rusak, seperti penambahan bahan pengawet agar susu sari kedelai bisa lebih tahan lama dan terhindar dari pembusukan susu.

Manfaat Mengkonsumsi Susu Kedelai Murni

Kedelai selalu saja akan memberikan segala manfaat dan kandungan kandungan gizi dan nutrisi yang tentu saja sangat sangat baik untuk tubuh sekalipun diolah menjadi berbagai macam-macam makanan. Olahan makanan yang sudah sangat kita kenal dari dulu adalah tempe dan tahu. Dua makan olahan yang kaya akan gizi dan nutrisi karena mengandung banyak protein nabati yang sangat tinggi ini juga menggunakan kacang kedelai bahan dasar utamanya, pun sama halnya dengan susu sari kedelai yang menggunakan kacang kedelai sebagai bahan utama dalam proses pembuatannya.

Mengkonsumsi susu kedelai sangat baik bagi kesehatan tubuh kita sendiri. Kandungan protein nabati yang tinggi dan kandungan gizi yang banyak pada susu sari kedelai tentu sangat bagus bagi penunjang kesehatan tubuh kita. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada susu sari kedelai antara lain adalah kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B1, dan Vitamin C.

cara-membuat-susu-kedelai-rumahan

Sementara kandungan asam amino yang terdapat pada susu sari kedelai murnia adalah nitrogen, isoleusin, leusin, lisin, metionin, sistin, fenilalanin, treonin, triptofan, valin dan masih banyak yang lainnya. Yang jelas susunan asam amino yang terdapat pada susu sapi pada umumnya. Makanya susu sari kedelai menjadi sumber pengganti untuk orang-orang yang mempunyai masalah alergi terhadap protein hewani pada susu sapi.

Susu sari kedelai mampu mencegah berbagai macam penyakit untuk orang-orang yang rajin  mengkonsumsi susu sari kedelai setiap harinya. Jenis-jenis penyakit yang bisa dicegah ketika kita mengkonsumsi susu sari kedelai murni ini antara lain:
  • Mencegah terjadinya kerusakan sel pada tubuh
  • Mencegah terjadinya serangan jantung
  • Mencegah terjadinya penuaan dan pengeriputan dini pada kulit  
  • Mencegah terjadinya stroke
  • Mencegah terjadinya osteoporosis
  • Pencegah terjadinya kanker pada tubuh
  • Sebagai pengontrol berat badan
Itulah manfaat yang bisa kita rasakan ketika kita memang mengkonsumsi susu sari kedelai murni setiap harinya. Manfaat dan kebaikan mengkonsumsi susu sari kedelai murni akan membuat tubuh kita sehat, energi dan menjaga stamina kita tidak mudah mengendur.

Cara Dan Tips Membuat Susu Sari Kedelai Murni, Sehat Dan Higienis

Membuat susu sari kedelai murni sehat dan higienis tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Selain bahan-bahan yang mudah didapat dan mudah diperoleh. Mengolah dan membuat kacang kedelai sangatlah mudah, kita hanya butuh bahan baku berupa kacang kedelai saja sesuai dengan kebutuhan kita, dan bahan-bahan lainnya sebagai pelengkap citera rasa susu sari kedelai. Susu sari kedelai hampir sangat mirip bentuknya dengan susu cair sapi. Hanya mungkin berbeda aroma dan rasanya saja. Yang jelas susu sari kedelai adalah minuman pengganti susu sapi yang mempunyai protein nabati sangat tinggi.

Beginilah cara membuat susu kedelai murni, berikut langkah-langkah yang bisa menjadi panduan untuk kita agar kita bisa membuat susu kedelai murni skala rumah tangga sehingga seluruh anggota keluarga bisa meneguk kesegaran dan kemurnian susu kedelai yang kita buat tanpa perlu khawatir akan kemurnian dan kehigienisan susu sari kedelai tersebut. Langkah dan bahan yang harus dipersiapkan serta peralatan pendukung untuk membuat susu sari kedelai murni adalah sebagai berikut:

A. Bahan-bahan yang diperlukan
  • Kacang Kedelai murni sebanyak 1/2 Kg (atau takaran disesuaikan dengan kebutuhan)
  • Vanili 1 bungkus untuk 1/2 Kg
  • Gula pasir dengan takaran sesuai selera
  • Garam dapur beryodium dengan takaran sesuai selera
B. Peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan
  • Kompor Gas
  • Blender
  • Panci
  • Mankok besar
  • Sendok
  • Penyaring berbentuk kain tipis yang bersih
C. Cara membuat susu sari kedelai murni
Banyak yang tidak tahu bahwa membuat susu kedelai yang baik, benar dan higienis, nah mari kita simak cara membuat susu kedelai agar kita tidak kecewa terhadap hasil susu kedelai yang kita buat nantinya. Ada beberapa proses yang harus kita lakukan agar kualitas susu sari kedelai murni ini terjaga dengan baik, dan rasa yang dihasilkan pun segar dengan rasa asli sari kacang kedelai.

- Proses Penyortiran Kacang Kedelai
Tahapan penyortiran ini sangat diperlukan dalam proses pembuatan susu sari kedelai murni, tentu saja tahapan penyortiran ini bertujuan untuk membedakan dan memisahkan antara kacang kedelai yang mempunyai kualitas baik dan kacang kedelai yang mempunyai kualitas buruk, kacang tentu akan mempengaruhi kualitas susu sari kedelai yang nanti akan dihasilkan dan menghindari rasa susu kedelai yang bisa saja langu.

- Proses Pencucian Kacang Kedelai
Setelah dipiliah dan dipisahkan kacang kedelai dari yang busuk dan kurang baik, hingga yang tersisa adalah kacang kedelai terbaiknya saja maka cucilah kacang kedelai secara menyeluruh. Tahap pencucian adalah salah satu tahap agar semua kotoran yang terdapat pada kacang kedelai terbuang, menjaga kehigienisan susu dan menjaga agar kualitas susu kedelai murni terjaga dengan baik.

- Proses Perendaman
Pada proses perendaman kacang kedelai ini adalah proses dimana kedelai tidak langsung digiling atau diblender terlebih dulu baru direndam. Tetapi perendaman ini dilakukan ketika kacang kedelai dalam keadaan utuh, tujuannya adalah mempercepat pengelupasan dan pemisahan kulit ari yang terdapat pada kacang kedelai sehingga mempermudah kita dalam proses penggilangan kacang kedelai. Proses perendaman kacang kedelai ini membutuhkan waktu sekitar satu jam sampai tiga jam sesuai banyaknya kacang kedelai yang akan dibuat. Intinya proses perendaman ini hanya untuk mempercepat proses pemisahkan kulit ari kacang kedelai dan menghasilkan kacang kedelai yang benar-benar empuk sehingga memudahkan kita dalam proses penggilangannya.   

- Proses Penggilingan
Pada proses penggilingan ini kita bisa menggunakan blender yang sudah kita persiapkan diawal  tadi. Penggilingan kacang kedelai ini dilakukan setelah kacang kedelai selesai direndam dalam air selama satu jam sampai tiga jam. Dalam proses penggilingan ini kita mengunakan air dengan perbandingan 1 banding 6. Masukkan kedelai secara bertahap lalu mulailah menggiling kacang kedelai sampai benar-benar halus.

- Setelah kacang kedelai selesai digiling semuanya maka proses selanjutnya adalah proses
Penyaringan kacang kedelai yang sudah digiling tadi menggunakan kain tipis yang bersih. Proses penyaringan kacang kedelai ini bertujuan untuk memisahkan antara ampas dan sari kacang kedelai murninya. Jangan lupa sebelum menyaring kacang kedelai tersebut cuci tangan kita agar kehigienisan susu sari kedelainya terjaga dengan baik, atau anda bisa menggunakan sarung tangan.

- Proses Perebusan dan Penambahan bahan-bahan lainnya
Setelah proses penggilingan dan penyaringan kacang kedelai selesai dilakukan maka langkah selanjutnya adalah proses perebusan dan penambahan bahan-bahan lainnya kedalam sari susu kacang kedelai tadi. Sebenarnya pada proses penggilingan dan proses penyaringan susu sari kedelai murni sudah jadi, dilakukannya proses perebusan yang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme yang bersifat patogen sehingga susu bisa cepat rusak dan basi, sehingga susu tidak bisa bertahan lama.

Dalam proses perebusan dan pemanasan jangan lupa untuk memasukkan gula pasir sesuai selera, masukkan vanilli secukupnya agar membangkitkan selera dan bisa menambah aroma harum pada susu sari kedelai murni serta menghindari aroma langu pada susu kedelai, dan menambahkan garam secukupnya sesuai selera. Aduk semuanya agar tercampur secara merata. Panaskan susu sari kedelai murni selama lima belas menit sampai dengan tiga puluh menit.

Susu sari kedelai bisa ditambahkan dengan madu murni alami. Penambahan madu murni alami ini bertujuan agar ketika kita mengkonsumsi susu kedelai olahan kita sendiri lebih akan terasa manfaatnya. Pun ketika kita ingin menambahkan daun pandan pada rebusan pada saat pembuatan susu kedelai murni, ini bertujuan untuk menghilangkan aroma langu yang biasanya sering dikeluhkan ketika kita membuat susu kedelai buatan sendiri. 

Dan akhirnya susu sari kedelai murni yang sehat dan higienis pun sudah bisa dinikmati. Susu sari kedelai ini sangat cocok dikonsumsi dalam keadaan panas maupun hangat, apalagi jika disandingan dengan makanan ringan tradisional seperti rebusan jagung, singkong dan ubi.

Nah kita akan bisa dengan mudah membuat susu sari kedelai yang sehat dan higienis yang kemurniaanya terjamin karena tidak tercampur dengan bahan-bahan lainnya apalagi menambahkan bahan pengawet yang bisa membahayakan tubuh kita sendiri jika mengkonsumsinya.

Susu sari kedelai murni ini juga bisa dibuat oleh kita dengan memperhatikan kekentalannya, kekentalan susu sari kedelai ini tentu saja tergantung dari selera kita. Susu sari kedelai ini terkenal sangat kaya akan manfaat karena didukung oleh banyaknya kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada susu sari kedelai murni. Susu sari kedelai murni pun terbukti sangat ampuh mencegah berbagai macam-macam penyakit. So, kita sudah belajar membuat susu kedelai buatan sendiri, bagaimana caranya membuat susu kedelai dengan baik dan benar, dan bagaimana membuat susu kedelai olahan kita sendiri ini tidak mengeluarkan aroma langu. Nah sementara, manfaat yang akan kita peroleh dari mengkonsumsi susu murni kedelai yang sudah dibuat oleh kita sendiri akan lebih terasa dan dirasakan oleh tubuh kita dengan menambahkan bahan-bahan herbal lainnya seperti jahe putih maupun jahe merah. Jadi dari mulai sekarang jangan ragu lagi mengkonsumsi susu sari kedelai murni ya...!!

1 comment

wah..info yang menarik sekali