-->

RESEP DAN CARA MENGHILANGKAN PANU DENGAN LENGKUAS

resep-dan-cara-membuat-obat-panu-alami-dari-lengkuas

Resep Dan Cara Menghilangkan Panu Dengan Lengkuas - Lengkuas yang bernama ilmiah Alpinia Galanga ini bukan saja terkenal sebagai bumbu dapur yang memberikan aroma khas pada setiap masakan ibu saja, tetapi ternyata lengkuas juga memberikan manfaat lain sebagai obat herbal yang bisa dijadikan ramuan obat tradisional yang berfungsi sebagai obat penyembuh berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap dan eksim. So, marilah kita bahas sekelumit tentang penyakit panu serta fungsi dan manfaat lengkuas sebagai obat tradisional yang berfungsi sebagai obat penyembuh penyakit kulit yaitu panu dan sejenisnya. Simak ya....

Penyakit panu atau dalam istilah kedokteran sering disebut dengan istilah pitryriasis versicolor ini adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih pada permukaan kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal yang tteramat sangat pada permukaan kulit tersebut. Penyakit kulit berupa panu ini biasanya dialami oleh orang-orang dengan intensitas keringat yang cukup tinggi, tetapi jarang memperhatikan kebersihan kulitnya sehingga jamur yang bisa menyebabkan penyakit kulit berupa panu dengan sangat mudah bisa tubuh pada permukaan kulitnya.

Penyebab Terjadinya Penyakit Panu Pada Permukaan Kulit

Penyakit panu ini tidak selalu berwarna atau selelau memunculkan bercak-bercak putih pada kulit si penderita. Warna yang ditimbulkan oleh penyakit panu pada permukaan kulit itu tergantung kepada warna kulit si penderita. Misalkan permukaan kulit si penderita berwarna putih maka bercak panu akan berwarna kemerahan, dan apabila warna permukaan kulit si penderita berwarna gelap (sawo matang) maka bercak panu akan berwarna keputihan. Penyakit panu pun biasa muncul disemua permukaan kulit kita, baik permukaan yang terbuka artinya permukaan kulit yang tidak tertutupi oleh baju, maupun permukaan kulit yang selalu tertutupi oleh baju yang dipakai setiap hari oleh kita. Ya, panu bisa muncul dibagian tubuh mana saja, entah itu tangan, selangkangan, paha, leher, punggung dan lain sebagainya.

Penyakit panu sering membuat kita tidak percaya diri jika penyakit manu muncul pada permukaan kulit yang bisa dilihat oleh orang. Tentu saja stigma yang akan muncul kepada kita adalah bahwa kita tidak pernah mandi atau tidak bisa merawat kebersihan tubuh dengan baik dan benar. Pemakian pakaian yang tidak mudah menyerap keringat biasa bisa dengan cepat membuat kulit terserang jamur panu ini.

Jamur panu disebabkan oleh jamur organisme lipofilik dimorfik dan malassezia ovalis. Penyakit panu tentu saja bisa menyerang siapa saja, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Orang yang menderita penyakit kulit panu biasanya tidak ditandai dengan menurunnya sistem imun kekebalan tubuhnya. Penyebab penyakit panu biasanya disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, kecenderungan (predispostion) genetik, lingkungan yang lembab dan hangat, malnutrition dan cushing disease. 

Manfaat Lengkuas Untuk Obat Alami Tradisional

Penyakit panu yang muncul pada permukaan kulit memang tidak bisa disepelekan oleh kita, karena penyakit panu ini sangat bisa dengan mudah menyebar kepada permukaan kulit orang lain. Untuk itulah penyakit kulit panu harus segera disembuhkan. Penyembuhan penyakit panu ini bisa menggunakan bahan-bahan herbal alami seperti ramuan obat herbal yang berbahan dasar lengkuas. Lengkuas adalah tanaman herbal yang sejak dahulu sangat dikenal akan manfaat dan kegunaannya sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Akan tetapi lengkuas bukan saja bermanfaat sebagai obat penyembuh penyakit kulit panu saja, tetapi manfaat dan keguanaan akan khasiat lengkuas juga bisa digunakan sebagai obat alami herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit, misalnya manfaat lengkuas sebagai:
  • Manfaat lengkuas sebagai obat anti bakteri 
  • Manfaat lengkuas sebagai obat demam karena disebabkan karena radang lambung 
  • Manfaat lengkuas sebagai obat pengencer dahak ketika kita diserang sakit batuk akut 
  • Manfaat lengkuas sebagai obat penambah nafsu makan, fungsinya tentu saja hampr sama dengan kunyit, jahe dan madu yang bisa dijadikan obat penambah nafsu makan. 
  • Manfaat lengkuas yang banyak mengandung anti oksidan sangat bermanfaat sebagai suplem untuk menjaga daya tahan tubuh. 
  • Manfaat lengkuas sebagai bahan untuk ramuan obat tradisional alami yang sejak dahulu dipakai sebagai obat herbal alami untuk menyembuhkan berbagai macam-macam  penyakit kulit seperti penyakit kulit panu, kadas, kurap dan eksim. 
manfaat-kapur-sirih-sebagai-obat-panu-alami

Resep Dan Cara Membuat Obat Anti Panu Dari Lengkuas

Kandungan minyak atsiri yang sangat tinggi yang terdapat pada lengkuas ternyata sangat efektif untuk dijadikan lengkuas sebagai obat herbal alami penyembuh penyakit panu pada permukaan kulit. Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada lengkuas seperti seskuiterpen terbang, pinen, galagin, kamfer dan alpinen sangat ampuh dan membantu menyembuhkan ketika permukaan kulit terserang penyakit panu, berikut adalah resep dan cara membuat obat anti panu dari lengkuas:
A. Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Satu batang lengkuas yang berkualitas baik
  • lihatlah bagian lengkuas secara keseluruhan dan teliti hingga kita bisa memastikan tidak ada bagian umbi lengkuas yang busuk pada bagian permukaannya. Kemudian cuci sampai bersih, pastikan tidak ada lagi tanah kotor yang menempel pada permukaan lengkuas
  • Kapur sirih
  • secukupnya Ambil kapur sirih secukup untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan saja.
B. Cara membuatnya
Cara membuat ramuan tradisional alami untuk bisa digunakan sebagai penyembuh sakit panu ini ternyata sangatlah mudah, bahan-bahan yang terdiri dari lengkuas yang sudah dicuci bersih tadi dan kapur sirih kemudian ditumbuk secara merata sampai benar-benar halus. Kemudian oleskan ramuan herbal alami lengkuas dan kapur sirih tadi kepermukaan kulit yang terserang jamur panu. Ramuan herbal alami ini sebaiknya digunakan setelah anda selesai mandi, ini untuk memastikan permukaan kulit anda benar-benar bersih dari biang keringat sehingga efektifitas dari obat ini bisa anda rasakan. Gunakan ramuan ini setiap pagi dan sore hari, lakukan secara terus menerus sampai anda penyakit panu pada permukaan kulit anda benar-benar hilang.

Sangat mudah bukan membuat ramuan obat herbal tradisional alami untuk obat penyembuh penyakit panu pada permukaan kulit ini. Selain sangat murah biaya untuk membuatnya, tentu saja obat kulit tradisional ini sangat aman digunakan oleh anda yang mempunyai alergi kulit terhadap jenis-jenis bahan-bahan kimia yang terdapat pada obat panu yang dibuat secara kimia. Toh membuat ramuan obat tradisional herbal alami ini tidaklah terlalu ribet bukan....?! Itulah sekelumit manfaat dan kegunaan lengkuas yang bisa digunakan untuk kesehatan kesehatan tubuh serta sangat bermanfaat sebagai obat herbal tradisional alami yang bisa dijadikan obat untuk penyembuh berbagai macam penyakit.
Selamat mencoba.....!!!

3 comments

saya akhirnya jadi tahu cara menghilangkan panu pake lengkoas teh, tapi saya mah nggak punya panu...dikemanain dong ramuan lengkoasnya, coba?

saya akhirnya jadi tahu cara menghilangkan panu pake lengkoas teh, tapi saya mah nggak punya panu...dikemanain dong ramuan lengkoasnya, coba?

hehehehe... alhamdlah kang klau begitu sih... lbh baik buat bumbu dapur saja... sehat wal afiat berarti kang