-->

CARA MENANAM KUNYIT DENGAN MUDAH DALAM POT

Cara Menanam Obat Herbal Dipekarangan Rumah - Buat para pehobi menanam tentu saja menanam tanaman herbal didalam pekarangan rumahnya mungkin tidak pernah terlintas sama sekali. Padahal sesungguhnya menanam tanaman herabal didalam pot maupun dalam lahan pekarangan rumah sangat memberikan manfaat yang cukup besar untuk kita sendiri maupun untuk anggota keluarga yang lainnya.

cara-menanam-kunyit-dalam-pot

Kita tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah taman obat keluarga dimana taman yang biasa dihiasi dengan tanaman hias saja kini pekarang rumah pun sudah banyak dikombinasikan dengan tanaman-tanaman yang masuk kedalam jenis tanaman yang mempunyai manfaat sebagai bahan baku membuat obat herbal alami tradisional. Kini masyarakat sudah mulai banyak mempelajari bagaimana cara menanam obat dipekarangan rumahnya. Baik penanaman secara langsung pada halaman rumah, untuk orang-orang yang mempunyai lahan pekarangan yang luas, maupun pada media-media tanam seperti pada pot maupun pada polybag.  Ya, taman itu dikenal dengan istilah taman obat keluarga atau biasa disebut dengan istilah 'toga'.

Taman obat keluarga biasanya berisi berbagai macam jenis tanaman obat herbal seperti kunyit, jahe, lengkuas, sereh, sirih, dan lain sebagainya. Kali ini kita akan membahas salah satu jenis tanaman obat herbal yaitu kunyit. Bagaimana cara menanam kunyit pada media tanam pot. Media tanam pot dipilih dikarenakan sebagai media alternatif untuk mensiasati terbatasnya lahan pekarangan rumah yang terbatas yang tidak memungkinkan menanam kunyit secara langsung.

Di Indonesia sendiri budidaya kunyit sudah dikembangkan baik secara modern maupun secara tradisional sejak dahulu. Ya tentu saja tanaman kunyit mempunyai potensi sebagai tanaman yang dinilai mempunyai potensi sebagai bahan pembuatan obat herbal alami tradisional yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sebagai contoh dari manfaat tanaman kunyit untuk penyembuh adalah manfaat kunyit sebagai obat penurun demam pada anak kita.

Kunyit ekstrak yang dihasilkan dari parutan kunyit yang kemudian diambil saripati air kunyitnya, ekstrak air saripati inilah yang mampu menurukan suhu panas tubuh yang tinggi ketika anak kita mengalami sakit demam. Biasanya dalam memanfaatkan kunyit sebagai obat penurun suhu panas demam pada anak selalu dikombinasikan dengan madu yang mempunyai efek yang sama sebagai obat penurun panas sehingga efek yang dirasakan dari mengkonsumsi kunyit sebagai obat penurun panas ini bisa lebih efektif untuk menurunkan suhu badan yang tinggi pada anak.

Manfaat lainnya dari kunyit selain sebagai manfaat kunyit sebagai obat demam pada anak ternyata sangatlah banyak. Antara lain kunyit yang mempunyai kandungan anti inflamasi (peradangan). Kandungan minyak volatile dalam kunyit ternyata memberikan efek anti inflamasi sehingga imun kekebalan tubuh kita terhadap berbagai macam virus dan bakteri yang mengganggu kesehatan kita menjadi meningkat. Manfaat kunyit yang lainnya adalah diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit antara lain Kunyit dapat menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung, asma, usus buntu, dan rematik. 

cara-menanam-kunyit-dengan-mudah-dalam-pot

Cara Menanam Tanaman Kunyit Dalam Pot

Lantas, bagaimanakah cara menanam kunyit dalam media pot itu sendiri yang berfungsi sebagai tanaman obat herbal alami yang mampu memberikan efek peyembuh ketika kita sakit...? Cara menanam tanaman kunyit sebagai obat herbal alami ini sangatlah mudah, tidak sesulit yang kita bayangkan, mengingat karakteristik tanaman kunyit sendiri bisa tumbuh diberbagai diberbagai macam kontur tanah, baik tanah berdataran rendah dan tanah berdataran tinggi asalakan ketersediaan air mencukupi sebagai penunjang tumbuh kembang tanaman kunyit itu sendiri.

Menanam kunyit dalam media pot sengaja dipilih sebagai media tanam alternatif yang memang tidak mempunyai lahan pekarangan rumah yang cukup luas. Tetapi menanam kunyit dalam pot pun bisa dilakukan dengan baik ketika kita memperhatikan komposisi tanah  agar kunyit bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut tahapan atau cara menanam kunyit dalam pot:
  1. Menyiapkan Bibit Rimpang Kunyit
  2. Kita pun tidak perlu bingung dalam mempersiapkan bibit rimpang kunyit yang akan kita tanam dalam pot. Bukankah kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang selalu ada dalam daftar bumbu rempah dapur rumah anda..? Kunyit yang terdapat didapur anda itu adalah obat herbal alami yang mungkin tidak pernah disadari manfaatnya oleh anda bukan..? Maka mulai dari sekarang tanamlah kunyit agar anda bisa menafaatkan kunyit sewaktu-waktu anda membutuhkan kunyit segera. Mengenali kunyit untuk bisa dijadikan bibit sangatlah mudah, pilihlah kunyit yang ada didalam dapur anda jika memang ada lho ya.. maka pilihlah kunyit yang agak besar dengan ciri fisik yang sebesar ruas ibu jari dan tidak ada pembusukan dalam ruas kunyit itu sendiri.
  3. Menyiapkan Media Tanah Dalam Pot
  4. Menyiapkan tanah pun bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Untuk bisa mendapatkan tanah yang dicampurkan dengan pupuk kompos ini anda bisa membelinya ditoko-toko tanaman, biasa tanah dan kompos sudah dikemas dalam satu kemasan, sangat praktis bukan..? Atau jika anda ingin bereksperimen sendiri, anda bisa menyiapkan sendiri komposisi tanah dan pupuk kompos yang sesuai dengan kebutuhan tanam anda. Tanah, pasir/gabah dan pupuk kompos yang dipakai untuk menanam tanaman kunyit ini bisa dilakukan dengan perbandingan 1:1:1.
  5. Penyemaian Bibit Tanaman kunyit
  6. Cara berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menyemai bibit kunyit kedalam media tanam pot yang sudah diisi dengan media tanah yang sudah tercampur dengan pupuk kompos dan gabah. Masukkan bibit lalu tekan dengan jari bibit rimpang kedalam media tanah sedalam kurang lebih 10 cm, lalu tutup permukaan bibit dengan tanah jangan terlalu ditekan ya, nanti tunas yang tumbuh akan keselutian menembus tanahnya. hehehe
  7. Penyiraman Dan Perawatan Bibit Tanaman Kunyit
  8. Cara yang bisa dilakukan berikutnya serelah menyemai bibit tanaman kunyit itu sendiri adalah dengan melakukan penyiraman bibit tanaman kunyit. Penyiraman bibit kunyit bisa dilakukan sebanyak dua kali sehari. Tetapi penyiraman bibit tanaman kunyit ini juga harus memperhatikan kelembaban tanah itu sendiri, jika tanah kering dan terlihat kekurangan air maka bisa dilakukan penyiraman secara berkala sebanyak dua kali, tetapi jika tanah sudah terlihat cukup atau sangat lembab maka penyiraman tidak perlu dilakukan lagi, pengamatan ini bertujuan agar bibit rimpang tidak membusuk.
Perawatan jika tanaman kunyit sudah tumbuh adalah dengan memperhatikan hama dari ulat bulu yang suka menanam daun tanaman kunyit dan dengan memperhatikan kesuburan tanah itu sendiri. Dua faktor ini sangat penting diperhatikan agar kita bisa memperoleh buah rimpang kunyit yang baik dan tentu saja rimpang yang dihasilakan cukup baik dan besar. Nah sangat mudah bukan cara menanam tanaman kunyit dalam media pot ini. Kunyit yang dikenal sebagai tanaman herbal alami yang berguna sebagai bahan obat tradisional ini  ternyata bisa dengan baik, tumbuh dan berkembang dalam media tanam pot. So, mulai sekarang janganlah menyerah jika anda tidak mempunyai pekarangan rumah yang cukup luas untuk anda pun masih bisa menanam tanaman herbal alami seperti kunyit dalam media pot. So, pada intinya metode yang digunakan untuk menanam kunyit, baik dalam media pot maupunn secara langsung ditanam pada lahan, kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang wajib ada dipekarangan rumah anda.. Selamat mencoba.....!!!!

3 comments

Bisa dicoba nih karena banyak sekali manfaat kunyit untuk kesahatan

Iya kang, salah satu jenis tanaman obat keluarga yang biasanya selalu ada dalam daftar tanaman yang ditanaman dipekarangan rumah...

memang betul menanam kunyit dalam pot tergolong sangat mudah, hanya perawatan pada saat proses pertumbuhannya tanaman kunyit ini yang harus ekstra hati-hati sebab kunyit sangat rentan layu karena sebab keterbatasan media tanam di pot mah...gituh menurut pak tani mah kang...katanya ge'