-->

MANFAAT MADU UNTUK MENURUNKAN DEMAM PADA ANAK

Manfaat Madu Untuk Menurunkan Demam Pada Anak - Anak kita sedang mengalami sakit panas demam, disertai dengan batuk dan pilek....? Ambilah madu sebagai penolongan pertama agar panas tubuh segera turun. Lho,memangnya bisa yah madu dijadikan sebagai obat penurun panas dan demam pada anak...? Mari kita bahas manfaat madu yang bisa digunakan sebagai salah satu bahan yang difungsikan sebagai pengobatan alami  penurun panas demam pada anak.

Seorang ibu pasti akan merasa sangat sedih dan akan sangat khawatir ketika melihat keadaan sang buah hatinya terserang sakit demam, pilek dan batuk. Tentu saja keadaan stamina dan kondisi badan sang buah hati berubah otomatis, sangcbuah hati akan kehilangan keceriaannya. Terkulai lemas karna suhu badan meningkat, menjadi lemas karena nafsu makannya berkurang, pilek dan batuk yang kemudian disertaicdengan susahnya sang buah hati bernafas seperti biasanya. Inilah gejala awal sang buah hati terserang sakit demam, flu, pilek dan batuk. Tapi tenang ibu, terapi meminum madu ternyata bisa mengobati sakit anak yang mengalami panas tinggi, demam, flu serta batuk. 

penyebab panas demam pada anak

Madu, didalam Al-Quran surah an-nahl sudah disebutkan dengan jelas tentang manfaatnya, yaitu sebagai penyembuh penyakit pada manusia ini, tentu saja tidak terbatas pada penggunaan madu pada kalangan orang dewasa saja, anak-anak pun bisa merasakan manfaatnya langsung ketika menggunakan madu dalam keadaan tidak sakit maupun sakit sekalipun.


Pengertian Dan Ciri-ciri Demam Yang Terjadi Pada Anak

Demam bukan merupakan sebuah gejala tubuh dimana sistem kekebalan tubuh sedang bekerja melawan infeksi. Pada tahap ini kita sebagai orang tua harus bisa mengenali ciri-ciri demam yang menimpa anak kita. Kita tahu, bahwa kondisi badan bisa dikatakan terserang demam ketika suhu tubuh kita mencapai suhu 37,5° Celcius atau lebih. Dari pengertian demam ini, maka ada baiknya ibu mempunyai termometer digital dirumah agar ibu bisa memantau perkembang panas sang buah hati, sehingga ibu bisa melakukan tindakan lebih lanjut ketika buah hati mengalami panas yang lebih dari 37,5° Celcius, hal yang perlu diingat adalah ketika kita memeriksa panas badan sang buah hati kita tidak bisa hanya dengan meraba dengan tangan kondisi suhu tubuh buah hati, karena kita tahu bahwa panas yang terjadi pada tubuh bisa mengalami penaikan dan penurunan. Pun dengan demam, dimana demam sendiri adalah kondisi alamiah yang akan hilang dengan sendirinya. Oleh karena demam sendiri tidak bisa dianggap sepele, makanya kita sebagai orang tua alangkah baiknya selalu memantau perkembangan suhu tubuh dan keadaan kondisi tubuh dari sang buah hati, bukan apa-apa bisa jadi demam adalah sebuah gejala akan sebuah penyakit yang lebih serius.

Tips Dan Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Dalam keadaan sakit demam dan panas tinggi tentu saja anak akan merasakan kondisi badan yang sangat tidak nyaman dan juga sangat rewel dari biasanya, dalam kondisi ini adalah sebuah kewajaran karena anak kita belum bisa mengurus dirinya sendiri dan belum mengerti dengan apa yang harus dilakukan ketika dirinya mengalami kondisi seperti itu, maka wajar orang tua berusaha menerjemahkan keinginan sang anak agar anak kembali nyaman walaupun dalam keadaan sakit demam. Maka ada beberapa langkah yang bisa dipraktekkan agar anak tetap dalam keadaan nyaman walaupun dalam keadaan demam, langkah ini tentu bukan sebuah standarisasi yang harus ibu lakukan, dalam hal dan kondisi anak akan selalu berbeda, tetapi langkah ini pun bisa menjadi rujukan untuk para ibu, langkah-langkahnya sebagai berikut:

- Perhatikan pakaian yang dipakai oleh sang buah hati.
Dalam kondisi anak demam, badan anak tentu akan lebih banyak mengeluarkan keringat dingin, keringat yang keluar pun tidak seperti biasanya ketika anak dalam keadaan sehat, maka pakaikanlah anak kita dengan pakaian tipis, dan carilah bahan pakaian yang mudah menyerap keringat. Jangan berikan pakaian yang terlalu tebal sehingga anak akan merasa kegerahan yang berlebihan dan tentu saja ini juga bertujuan agar suhu tubuh anak tidak mengalami panas yang berlebihan (overheating).

- Kompreslah Jidat Anak Dengan Kompres Hangat Bukan Dengan Air Dingin
Kenapa tidak diperbolehkan menggunakan kompres air dingin...? air dingin hanya akan menghilangkan panas pada tubuh anak saja tetapi tidak dengan sakit demamnya.

- Berilah Obat Penurun Panas
Dalam hal ini, tentu saja ibu harus dengan cermat memilih obat penurun panas yang baik untuk anak. Liat komposisi obat dan aturan cara pakainya terlebih dahulu, kalau perlu carilah info-info mengenai kandungan dan jenis komposisi yang tertera didalamnya intinya ibu jangan sembarangan memberikan obat penurun panas pada anak. Biasanya obat penurun panas yang umum diberikan pada anak adalah obat jenis paracetamol.

Nah, point ketiga dari penjelasan diatas tentu saja ada alternatif yang bisa membuat panas dan demam anak kita bisa sembuh secara perlahan, apa menggunakan apa itu...? ya kita cari alternatif obat yang bersumber dan diambil dari alam, jawabannya adalah terapi madu...? Kita pasti sudah tahu khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan tubuh kita, ternyata madu pun mempunyai khasiat dan manfaat sebagai obat. Sudah sejak dahulu khasiat dan manfaat madu diteliti nutrisnya agar bisa dijadikan obat, tetapi jauh sebelum manusia meneliti tentag khasiat dan manfaat madu, Tuhan sudah menggabarkan khasiat dan manfaat madu dalam kitab sucinya, hal ini terncantum dalam surat an-nahl ayat 69, bahwa madu berfungsi sebagai pengobat penyakit untuk manusia.    

Khasiat dan Manfaat Madu Sebagai Obat Penurun Panas Pada Anak 

Kita tahu bahwa madu mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiatnya untuk tubuh, baik itu manfaat madu untuk kesehatan dan manfaat madu untuk kecantikan. Kita tahu bahwa  madu mempunyai banyak sekali kadungan nutrisinya. Kadungan nutrisi yang terdapat dalam madu antara lain adalah kabohidrat, protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen aromatik. Bahkan dari penelitian yang dirilis oleh universitas moskow mengenai kandungan mineral yang terdapat dalam madu ini antara lain madu mengandung logam aluminium, boron, krom, tembaga, timbal, titatnium, seng organik, asetilkolin, hormon, antibiotik, zat antiracun, serta antikanker. Dari kandungan nutrisi yang ada tentu semuanya sangat baik, bermanfaat dan berkhasiat untuk memperlancar proses biokimia tubuh dan proses penyembuhan aneka penyakit. Pun dengan kandungan enzim yang terdapat dalam madu sangat tinggi jika dibandingkan dengan produk makanan lain seperti susu.

MANFAAT MADU UNTUK MENURUNKAN DEMAM PADA ANAK

Khasiat Madu Sebagai Obat Alternatif Pengganti Paracetamol

Madu adalah cairan kental seperti sirup yang dihasilkan dan diproduksi secara alami oleh lebah. Kandungan madu adalah sebagai obat alami yang mampu menurunkan panas ketika anak sakit demam. Khasiat madu asli (soalnya banyak juga yang memalsukan madu, heheehee) memiliki daya antiseptik, mempunyai kadungan vitamin C yang sangat tinggi, madu asli juga mempunyai kandungan anti radang, dan mencegah pendarahan. Madu pun bekerja langsung dipusat panas. Pun dengan kondisi anak yang lemas, ibu tidak usah khawatir dengan keadaan tersebut, madu mempunyai kandungan fruktosa dan glukosa sebagai sumber energi alternatif ketika anak tidak doyan makan. Madu secara alamiah bisa membangkitkan dan mengembalikan nafsu anak yang hilang akibat sakit demam dan panas.      

Nah sekarang ibu memiliki beberapa referensi agar tidak panik, khawatir dan bingun yang  berlebihan ketika sang buah hati mengalami sakit demam dan panas. Ibu sekarang sudah memeliki pengetahuan tambahan seputar cara menangani anak yang terkena sakit demam, bagaimana cara menangani agar anak dalam kondisi yang nyaman walaupun dalam keadaan sakit, dan tentu saja pengetahuan soal obat herbal sudah ibu ketahui. Ya manfaat dan khasiat madu untuk obat penurun panas pada anak.
  

5 comments

Mana resep madunya?

Mana resep madunya?

Madu tj bagus gk buat turun panas.

Betul banget..sy lebih memilih memakai madu sebagai pengganti paracetamol.

terimakasih infonya menarik, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2CNOHb3