-->

MENGENAL MANFAAT LENGKUAS UNTUK KESEHATAN

mengenal-manfaat-lengkuas-untuk-kesehatan

Mengenal Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh - Lengkuas atau biasa dikenal dengan nama Laos ini adalah tanaman umbi-umbian yang mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiatnya. Kegunaan dan manfaat dari lengkuas untuk obat herbal alami tradisioanl itu sendiri adalah lengkuas sebagai obat untuk kesehatan kulit dan untuk obat berbagai penyakit kulit seperti panu. Pun ternyata lengkuas bisa digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan pada wanita. Pun lengkuas dikenal juga sebagai tanaman yang menjadi salah satu bumbu atau rempah-rempah wajib dalam setiap masakan khas asli Indonesia. Lengkuas atau laos memberikan aroma yang sangat khas pada setiap masakan yang disajikan dimeja makan anda.

Tanaman lengkuas atau laos biasanya tumbuh pada dataran tinggi maupun pada dataran rendah. Manfaat akan kegunaan laos pun sekarang sudah banyak diketahui oleh masyarakat yang memang sangat gemar menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat ketika mereka sakit. Pun lengkuas atau laos ini bisa digunakan sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh dan sebagai suplemen perawatan kecantikan pada tubuh. Lantas apa saja manfaat, khasiat dan kegunaan lengkuas atau laos itu sendiri baik sebagai tanaman obat maupun sebagai rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bumbu dapur...? Mari kita ulas.


Deskripsi Dan Ciri-ciri Fisik Tanaman Lengkuas (Laos)

Masyarakat Indonesia pada umumnya menggunakan lengkuas atau laos sebagai bumbu rempah-rempah yang digunakan sebagai pelengkap dalam setiap masakannya. Tetapi sesungguhnya lengkuas atau laos ini adalah tanaman yang bisa juga difungsikan sebagai bahan obat tradisional alami untuk dijadikan ramuan obat herbal alami.

Bentuk dari lengkoas atau laos itu sendiri hampir mirip menyerupai bentuk dari jahe. Tetapi kita bisa dengan mudah membedakan kedua hanya dari mencium aromanya saja. Lengkuas dan jahe memang sama-sama mempunyai aroma khas yang berbeda. Lengkuas yang bernama latin Alpinia Galanga banyak berbagai jenis variannya, biasanya lengkuas yang digunakan untuk bahan-bahan yang digunakan dalam ramuan obat-obatan herbal adalah jenis lengkuas merah.

Ciri karakteristik tentang tanaman lengkuas ini pun hampir sama dengan tanaman jahe. Tanaman lengkuas adalah tegakan yang mempunyai tinggi hampir 2 meter. Batang tanaman lengkuas bersifat semu, daunnya tunggal dan berbentuk pendek. Ukuran daun rata-rata berkisar antara 25 sampai dengan 50 centimeter dikali 7 sampai 15 centimeter. Bunga dari tanaman lengkuas atau laos itu sendiri adalah jenis bunga majemuk, kelopak bunganya berbentuk lonceng dan berwarna putih kehijauan. Lengkuas atau laos memiliki dua varian jenis tanaman yaitu lengkuas yang berwarna putih yang umum digunakan sebagai bumbu dan rempah pada masakan, dan lengkuas merah yang umum digunakan untuk bahan-bahan olahan obat herbal tradisional.

mengenal-manfaat-lengkuas-untuk-kesehatan

Kandungan Senyawa Kimia Yang Terdapat Pada Lengkuas  

Kandungan senyawa kimia pada lengkuas adalah berupa tingginya kandungan minyak atsiri yang antara lain terdiri dari: galangol, galangin, alpinen, kamfer, methyl-cinnamate. Lengkuas berkhasiat anti jamur, anti bakteri, menghangatkan, membersihkan darah, menambah nafsu makan, mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, mengencerkan dahak, mengharumkan, merangsang otot dan konon berkhasiat aprodisiak.

Selain lengkuas kaya akan kandungan senyawa kimia, lengkuas juga kaya akan kandungan zat-zat berupa vitamin dan serat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh, seperti kandungan sodium, zat besi, vitamin A, Vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta sitosterol, quercetin, dan galangin, semua zat dan vitamin yang terkadung dalam lengkuas sangat efektif bermanfaat sebagai obat penyembuh berbagai macam-macam penyakit.

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh 

Sebenarnya lengkuas sejak dari zaman dahulu digunakan sebagai obat herbal oleh para nenek moyang kita, maka tidak mengherankan jika lengkuas adalah salah satu bagian dari jenis-jenis rempah-rempah yang digunakan sebagai obat ramuan herbal alami untuk digunakan sebagai bahan-bahan obat berbagai macam penyakit, sehingga kesehatan tubuh kita terjaga dengan baik. Artinya lengkuas bisa digunakan sebagai bahan ramuan alami untuk menjaga kesehatan tubuh kita, toh penelitian akan manfaat lengkuas memang sudah banyak dibuktikan oleh ilmuan kesehatan dan ilmuan obat-obatan herbal.

Ketika sudah mengetahui kandungan nilai vitamin dan gizinya, maka kita bisa mengetahui manfaat lengkuas terhadap kesehatan, manfaat itu antara lain: 
  • Lengkuas memberikan rasa nyaman pada perut
  • Lengkuas bisa meredekan perut ketika perut sedang mengalami kembung dan mual akibat dari masuk angin dan lengkuas juga bisa mengurangi dari gejala diare.
  • Lengkuas bisa digunakan sebagai pereda penurun demam
  • Selain madu untuk menurunkan demam, lengkuas juga bisa digunakan sebagai obat pereda penurun demam.
  • Lengkuas bisa digunankan sebagai penyembuh batuk
  • Sakit batuk tentu saja sangat mengganggu sistem pernafasan kita. Nafas kita menjadi tersengal-sengal, selain jahe dan kencur yang bisa meredakan batuk, lengkuas juga bisa digunakan sebagai obat herbal alami untuk penyembuh batuk.
  • Lengkuas bisa digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi bau mulut
  • Bau mulut akibat dari sistem pencernaan yang kurang sehat tentu saja akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan bau atau aroma mulut yang tidak sedap. Lengkuas bisa dijadikan alternatif obat herbal yang bisa dijadikan obat kumur untuk menghilangkan dan menyembuhkan aroma bau mulut.
  • Lengkuas bisa digunakan untuk mengurangi resiko kanker
  • Kandungan flavonoid galangin yang terdapat pada lengkuas terbukti memiliki anti oksidatif yang mampu untuk menangkal radikal bebas. Zat falvonoid ini terbukti ampuh menekan enzim genotoxicty bahan kimia. Membatu mengeluarkan racun-racun kecil yang terdapat pada tubuh.
  • Lengkuas bisa digunakan sebagai obat kulit
  • Lengkuas ternyata juga bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit antara lain, obat sakit panu, kudis dan kurap.
Itulah sekelumit artikel seputar lengkuas sebagai tanaman herbal yang ternyata memberikan kegunaan dan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. Mengenal karakteristik tanaman lengkuas, mengulas tentang kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada tanaman lengkuas, serta memberikan sedikit ulasan mengenai apa saja manfaat dan kegunaan lengkuas terhadap kesehatan tubuh manusia jika lengkuas diolah menjadi ramuan herbal tradisional alami. Lengkuas pun bisa dijadikan sebagai ramuan alami untuk dijadikan obat penyembuh berbagai penyakit dan ramuan alami sebagai bahan untuk dijadikan ramuan perawatan kecantikan alami. Semoga bermanfaat ya...!!

No comments