-->

RESEP DAN CARA MEMBUAT MINUMAN KUNYIT ASEM

Resep Dan Cara Membuat Minuman Kunyit Asem Yang Baik Untuk Kesehatan Wanita - Kunyit adalah rempah-rempah yang sudah pasti manjadi bagian pelengkap bumbu dapur yang selalu tersedia didapur para ibu. Tapi tahukah kita bahwa kunyit ternyata bisa dijadikan bahan olahan minuman kesehatan herbal yang berkhasiat dan kaya akan manfaat jika dikonsumsi oleh tubuh terutama wanita. Minuman kunyit asam ini adalah minuman herbal tradisional alami yang berasal dari daerah jawa tengah, minuman ini pun secara turun temurun diwariskan dan dilestarikan sebagai minuman yang sangat baik untuk menjaga kesetan tubuh agar tidak mudah sakit. Badan akan selalu terlihat bugar dan segar dan tidak gampang loyo. Minuman ini biasanya banyak dikonsumsi oleh kaum wanita sebagai minuman yang dijadikan asupan nutrisi yang berfungsi untuk perawatan kecantikan.

resep-dan-cara-membuat-minuman-kunyit-asem

Manfaat yang bisa diambil para wanita jika mengkonsumsi jamu herbal kunyit asam ini  secara rutin adalah kunyit asem sebagai nutrisi untuk perawatan kulit dan wajah yang memperlambat proses penuaan dini dan jamu kunyit asam bermanfaat sebagai pengontrol dan mengurangi lemak pada tubuh para wanita.

Tetapi fakta yang sebenarnya yang harus diperhatikan oleh para kaum wanita adalah dilaranganya ibu hamil dan wanita yang sedang haid untuk mengkonsumsi minuman jamu kunyit asam ini. Padahal mitos-mitos dahulu bahwa kunyit sangat baik untuk wanita haid karena bisa menghilangkan nyeri yang dirasakan pada wanita yang sedang haid. Padahal kunyit justru akan memperbanyak keluarnya darah pada wanita yang sedang haid yang tentu saja akan berimbas pada semakin lamanya haid yang akan dialaminya, sementara pada ibu hamil mengkonsumi kunyit dikhawatirkan akan menyebabkan keguguran karena adanya konstraksi yang terjadi pada uterus.

Manfaat Mengkonsumsi Minuman Jamu Kunyit Asam

Kebutuhan masyarakat akan minuman sehat herbal alami tradisional akhir-akhir ini semakin tinggi. Masyarakat kini semakin banyak mengetahui bahwa minuman tradisional alami ini ternyata mempunyai khasiat dan manfaat yang sangat luar biasa besar untuk kesehatan tubuh. Jamu adalah minuman tradisional asli indonesia yang dari dulu sudah ada hingga sekarang. Jamu bukan saja dikenal sebagai minuman tradisional kaya manfaat tetapi jamu juga banyak digunakan sebagai minuman sehat alami yang berfungsi sebagai pengobatan. Jamu dibuat dari bahan-bahan dan rempah-rempah asli yang diambil dari berbagai macam tanaman herbal yang diyakini mempunyai zat-zat yang berfungsi sebagai obat-obatan.

Salah satu jamu atau minuman herbal alami tradisional yang sudah banyak dikenal masyrakat ini adalah minuman yang terbuat dari kunyit asam. Ya mengkonsumsi jamu atau minuman herbal kunyit asam ini sangat banyak manfaat dan khasiatnya. Manfaat yang bisa kita rasakan dari mengkonsumsi minuman kunyit asam ini antara lain adalah:
  • Membantu menetralkan dan mengeluarkan racun kimia yang tersimpan dalam tubuh
  • Membantu mengontrol berat badan, kunyit mampu mengontrol nafsu makan anda yang berlebihan
  • Mengatasi Infeksi, kandungan anti bakteri dalam kunyit mampu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Kunyit mempunyai zat anti inflamasi sehingga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan tenggorokan kita sakit radang
  • Membuat warna kulit lebih terlihat cerah dan terlihat bersih
  • Membantu mengurangi lemak berlebih yang ada dalam tubuh 
  • Membantu memperlambat proses penuaan dan pengeriputan kulit wajah lebih dini
Maka manfaat kunyit ternyata sangat baik bagi tubuh khususnya jika minuman atau jamu kunyit asam ini dikonsumsi setiap hari oleh para wanita. Sangat cocok dikonsumsi untuk para wanita yang menjalani program diet dan perawatan kecantikan tubuh. Kunyit memberikan manfaat baik untuk nutrisi kulit dan wajah. Untuk para wanita yang menjalankan program diet, kunyit mampu mengontrol nafsu makan yang berlebihan sehingga kebiasaan buruk mengemil makanan pun bisa dikendalikan, kunyit pun mampu mengontrol dan membuang lemak berlebih yang terdapat pada tubuh para wanita. 



cara-dan-tips-membuat-minuman-kunyit-asem-higienis
 

Tips dan Cara Membuat Minuman Kunyit Asam Yang Higienis

Memang sekarang ini sangat banyak ramuan jamu dan minuman olahan kunyit asam instant yang beredar dipasaran. Tetapi kini ramuan minuman herbal atau jamu kunyit asam pun sudah banyak dipalsukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga sangat merugikan bagi para konsumen setia yang selalu mengkonsumsi setiap hari minuman herbal kunyit asam ini, bukannya untung malah buntung jika terus-terusan mengkonsumsi jamu-jamuan yang tidak jelas informasi bahan-bahan untuk membuatnya.

Untuk menjaga kesehatan tubuh kita sendiri alangkah baiknya kita membuat jamu atau minuman herbal kunyit asem itu sendiri dirumah, toh cara membuatnya pun tidak terlalu ribet dan bahan-bahannya pun bisa diperoleh dengan mudah kok. Membaut minuman herbal kunyit asem ini tentu sangatlah aman untuk dikonsumsi karena keasliaan bahan-bahan yang ada bisa kita peroleh dengan baik, kehigienisan minuman jamu kunyit asem pun bisa dijaga dengan baik. Inilah cara dan tips membuat minuman kunyit asem yang bisa anda buat sendiri dirumah, caranya adalah:
A. Bahan-bahan yang diperlukan
  • 1/2 Kg Kunyit segar (pilih yang benar-benar segar dan tidak busuk)
  • 1/2 Kg Gula Jawa (gula aren atau bisa diganti dengan madu)
  • 2 liter air masak
  • 1/6 sendok teh garam (sedikit saja)
Bagi yang tidak suka asam jawa anda bisa menggantinya dengan perasan jeruk lemon, jeruk nipis atau menambahkan jeruk mandarin secukupnya sesuai dengan selera dan kebutuhan.

B. Peralatan yang dibutuhkan
  • Blender
  • Panci
  • Selembar kain tipis bersih yang berfungsi sebagai saringan
C. Cara membuat minuman kunyit asam yang higienis
  • Cuci bersih semua kunyit segar tadi, kemudian kupas kulit ari tipis yang membungkus daging kunyit segar tersebut, dan cuci kembali kunyitnya.
  • Setelah selesai dibersihkan maka kunyit bisa langsung diblender sampai halus
  • Setelah selesai diblender maka saringlah kunyit yang sudah diblender tadi hingga hanya menyisakan sari pati kunyitnya saja.
  • Persiapkan kompor gas dan panci yang sudah dimasukkan air sebanyak dua liter lalu panaskan dan campurkan sari pati kunyit tadi secara perlahan dan tunggu hingga panas mendidih (jangan terlalu panas banget ya)
  • Pada tahap memanaskan sari pati kunyit tadi kita bisa menambahkan asam jawa dan gula jawa merah kemudian aduk hingga merata dan campurkan juga sedikit garam dapur, ingat hanya diperlukan sedikit sekali.
  • Sebagai catatan jika kita tidak suka asam jawa maka kita bisa menggantinya dengan perasan jeruk lemon, perasan jeruk nipis, dan juga perasan jeruk mandarin. Bahan-bahan pengganti asam jawa tadi bisa ditambahkan kedalam air kunyit yang sudah dalam keadaan dingin dan tidak diperkenankan pencampuran bahan-bahan tadi ketika dipanaskan. Pun sama dengan gula jawa merah, jika kita tidak suka menggunakan gula jawa merah kita juga bisa menggantinya dengan madu caranya pun sama, ditambahkan tidak dalam keadaan pemanasan dan perebusan air kunyit.
  • Minuman jamu kunyit asem pun siap disajikan untuk 5 orang sekali buat. Minuman ini bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dalam keadaan dingin.
Membuat minuman herbal tradisional alami kunyit asem ini sangat mudah dan tidak sesulit yang kita bayangkan bukan..? dan bahan-bahan yang digunakannya pun sangat mudah didapat tentunya. Mengkonsumsi minuman tradisional alami ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh para wanita, terkecuali untuk para wanita yang sedang hamil dan sedang mengalami haid. Pun kunyit akan bisa kembali dikonsumsi jika mereka sudah melahirkan dan sudah selesai dari masa menstruasinya. Kunyit pun sangat baik dikonsumsi untuk para wanita yang sedang menjalankan proses diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan langsing.

1 comment

Terima Kasih atas informasinya min..