-->

MANFAAT MADU UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh - Siapa sih yang tidak mengenal madu...? Siapa sih yang tidak suka madu..? Dari mulai orang tua sampai kepada anak-anak, pasti mengenal dan suka akan madu. Ya madu sangat bermanfaat yang berfungsi sebagai penunjang kesehatan tubuh, baik kesehatan tubuh anak-anak, orang dewasa, pria maupun wanita, intinya manfaat dan khasiat madu bisa dirasakan oleh siapa saja dengan tidak melihat jenis klasifikasinya. Pun madu bisa diambil khasiatnya untuk digunakan sebagai penunjang berbagai macam keperluan baik itu untuk keperluan kesehatan maupun untuk digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan, madu tetaplah berkhasiat.

Tapi siapa yang menyangka bahwa madu yang dihasilkan oleh lebah dengan mengubah nektar atau sari bunga untuk kemudian diubah menjadi madu ini, ternyata mempunyai banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Madu yang dibuat dari bahan utama nektar sari bunga ini pun banyak digunakan sebagai obat oleh manusia untuk berbagai macam penyakit. Manfaat madu pun kini sudah banyak sekali dibuktikan oleh para peneliti kesehatan, bukan hanya untuk pengobatan penyakit saja, madu pun seringkali diambil manfaatnya untuk perawatan kecantikan wanita, seperti madu untuk perawatan wajah, manfaat madu untuk perawatan kulit dan lain sebagainya.

manfaat madu untuk kesehatan

Madu Sebagai Bahan Ramuan Pengobatan

Madu, dalam dunia kesehatan pun ternyata sudah digunakan puluhan tahun silam oleh para ahli kedokteran dan para tabib untuk digunakan dalam proses pengobatan tradisional. Kita bisa melihat bukti penelitian ilmuan muslim yang sangat terkenal pada abad ke 10 M, yaitu Ibnu Sina, beliay telah mengulas tentang manfaat dan khasiat madu dari segi kesehatan dan dari segi kedokteran. Pun ternyata selama beliau hidup, beliau selalu mengkonsumsi madu disetiap hari-harinya, oleh sebab itu beliau terlihat selalu bugar, jarang sakit, terlihat awet muda dan berumur panjang. Ibnu Sina mencatat dari hasil penelitiannya soal madu ternyata madu sangat bermanfaat dan berkhasiat utuk mencegah berbagai penyakit dari penyakit yang ringan sampai kepada penyakit yang berat, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung. Madu juga sangat bermanfaat untuk menurunkan suhu ketika badan mengalami panas tinggi dengan mengatur sekresi tubuh sehingga demam pada tubuh cepat menurun.Bukan hanya itu saja, beliau pun mengulas manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan para kaum hawa. Ibnu Sina meneliti khasiat madu dan minyak zaitun sebagai bahan kosmetik yang memiliki berbagai macam khasiat untuk wajah. Manfaat madu yang lainnya menurut Ibnu Sina pun bisa digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan wajah agar terlihat alami perawatan kecantikan wajah agar terlihat alami

Madu Menurut Al-Quran

Madu yang bentuknya hampir mirip dengan sirup kental manis ini, dengan rasa manis yang dihasilkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, ternyata manfaat dan khasiatnya tercantum dalam Al-Quran. Allah SWT secara eksplisit madu memberikan banyak manfaat dan khasiat madu yang dihasilkan oleh lebah untuk bisa digunakan manusia sebagai penunjang kesehatan tubuhnya. Manfaat dan Khasiat madu ini tercatat dalam Al-Quran terdapat dalam Surah An-Nahl ayat 69, begini bunyi surah tersebut:

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkannya," (QS. An-Nahl:69)

khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan tubuh

Ketika kita membaca Surah An-Nahl ayat 69 tersebut maka jelaslah penjabaran dan pengertianakan  manfaat madu yang dihasilkan oleh lebah tersebut. Kita lihat bahwa lebah mempunyai kantung yang mampu menghisap nektar yang kemudian dijadikan sebagai bahan dasar membuat madu ini, memiliki kapsitas untuk menampung nektar dari bunga sebanyak 150 sampai 1500 bunga. Luar biasa bukan..!! Kemudian kita bisa melihat petikan dari kalimat ayat tersebut, "... dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya..". Kita pun tahu, bahwa warna madu yang dihasilkan oleh lebah tersebut mengeluarkan madu dengan berbagai macam-macam warna madu, warna-warna itu dihasilkan tergantung dari mana lebah tersebut menghisap nektar sari bunga untuk membuat madunya. Warna dasar madu pada umumnya berwana kuning kecoklatan seperti pada gula karamel. Warna madu yang dihasilkan oleh lebah akan tergantung dari mana lebah menghisap nektar sari bunga, pun warna madu juga dipengaruhi oleh usia madu dan penyimpanan madu yang dilakukan oleh lebah itu sendiri, dan warna madu juga ditentukan dari jenis species lebah yang menghasilkan madunya. Maha Benar Allah SWT Dengan Segala Firmannya....!!!

Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Madu yang ternyata sangat luar biasa ini, karena tercatat mengenai manfaat dan khasiatnya dalam kitab suci Al-Quran, kitab agung umat muslim ini, ternyata bisa untuk mengobati berbagai macam penyakit bagi tubuh manusia, "......didalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia.." Ibnu Sina pun sudah mencatat dari hasil penelitiaanya mengenai madu. Madu bisa mengobbati sakit jantung, tekanan darah tinggi, penurun panas demam. Perkembangan teknologi dibidang kedokteran pada masa kini pun sudah mulai membuka tabir madu mengenai manfaat dan khasiatnya. Maka tak mengherankan pada masa sekarang ini madu kini menjadi referensi pengobatan dan obat yang menjadi salah satu sumber obat alami yang banyak direkomendasikan oleh dokter.

khasiat dan manfaat madu untuk mengobati berbagai macam penyakit

Manfaat-manfaat madu  sebagai bahan obat untuk pengobatan alami ini antara lain, madu sebagai obat batuk dan pilek, madu sebagai obat luka dan bakar, madu sebagai suplemen stamina, madu sebagai suplemen untuk penambah berat badan, madu untuk perawatan kulit, dan tentu saja masih banyak manfaat dan khasiat yang lebih banyak dari madu dari itu semua. Madu juga memiliki efek anti inflamsi dan bisa melawan radikal bebas dalam tubuh. Begitu sangat dahsyatnya khasiat dan manfaat madu bagi kesehatan tubuh kita.

Dari semua ulasan soal madu ini, maka kita pun menjadi tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi madu agar kesehatan dan stamina tubuh kita tetap dalam kondisi yang segar, bugar, sehat dan selalu tampil prima, serta tidak mudah terserang sakit. Madu yang sudah jelas-jelas dijelaskan didalam kitab suci ini mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiatnya, tidak mungkin Allah SWT sampai menfirmankannya jika memang tidak ada manfaat dan khasiatnya sama sekali dalam madu itu sendiri. Jadi, masih ragukah kita akan manfaat madu bagi kesehatan tubuh kita sendiri...?

No comments