-->

MANFAAT TEMULAWAK UNTUK KESEHATAN ANAK

Manfat Temulawak Untuk Kesehatan Anak - Kebahagian orang tua yang paling hakiki sejatinya adalah ketika  melihat sang buah hati selalu dalam keadaan sehat dan selalu terlihat ceria. Tentu saja kedua faktor tersebut bisa diraih ketika kondisi tubuh anak selalu dalam keadaan sehat. Kedua faktor ini tentu saja bisa diperoleh dari asupan makanan yang diberikan oleh kita sebagai orang tua kepada anak. Asupan makanan ini tentu saja akan memberikan kesehatan dan keseimbangan pada tubuh sang anak, mengingat pada rentang usia 2 tahun sampai 12 tahun tubuh anak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tentu saja makanan yang kita berikan tidak asal-asalan, asal anak mau makan...!! Orang tua pun harus memperhatikan gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan kesehatan tubuh sang buah hati.

manfaat-temulawak-agar-nafsu-makan-anak-bertambah

Ada kalanya anak tidak doyan makan, sekalipun ibu sudah melakukan berbagai macam cara agar anak tetap doyan makan. Mulai dari merayunya, membujuk, mengiming-imingi sesuatu kepada sang anak, mengajaknya bermain agar dia doyan makan, sampai kepada memasakkan menu yang menjadi kesukaan si anak. Lantas apa solusinya ketika orang tua menghadapi situasi tersebut...? Orang tua khususnya ibu pasti sangat kebingungan menghadapi situasi ini bukan...? Adakah ramuan herbal agar nafsu makan anak selalu bisa terjaga dengan baik...? Ya, ramuan temulawaklah jawaban dari masalah yang sedang dihadapi oleh para ibu ini. Apa sih manfaat dan khasiat temulawak yang bisa dirasakan oleh anak ketika anak-anak mengkonsumsi ramuan ini dengan teratur disetiap harinya...?

Alam menyediakan berbagai jenis tumbuhan yang diciptakan oleh Allah SWT agar bisa  memudahkan manusia hidup dibumi. Tidak ada satupun yang sia-sia dari apa yang sudah diciptakan oleh Allah SWT didunia ini termasuk salah satunya adalah tanaman temulawak. Temulawak yang mempunyai nama latin Curcuma Xanthorrhiza ini mempunyai nama yang berbeda disetiap daerah di Indonesia. Di Jawa Barat tanah sunda ini, nama temulawak lebih dikenak dengan sebutan koneng gede sementara di tanah madura temulawak lebih dikenal dengan sebutan temu labak.

 

Manfaat Mengkonsumsi Temulawak Untuk Kesehatan Anak

Pada saat anak tidak doyan makan maka ibu akan mencari berbagai macam obat untuk bisa membangkitkan kembali nafsu makan pada anak. Maka dari itu sang ibu perlu mencermati cara lebih aman untuk membangkitkan kembali nafsu makan yang turun yang telah dialami  oleh sang anak. Memang, sekarang ini sudah banyak produk obat-obat nutrisi pembangkit nafsu makan pada anak yang beredar dipasaran. Ya setelah banyak penelitian mengenai manfaat dan khasiat temulawak untuk penambah nafsu makan pada anak, maka semakin banyak nutrisi obat-obat penambah nafsu makan yang berbahan dasar temulawak ini dibuat menjadi lebih praktis dan lebih mudah digunakan pada anak. Tetapi dari itu semua, alangkah jauh lebih baik, ketika sang ibu membuatnya sendiri ramuan temulawak penambah nafsu makan untuk anak dirumah.

khasiat-dan-manfaat-temulawak-agar-anak-doyan-makan


Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Pada Temulawak

Kadungan utama yang terdapat pada temulawak ternyata sangatlah banyak. Manfaat dan khasiat temulawak ini bisa untuk memperlancar ASI pada ibu hamil, mencegah penyakit hati, menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, anti inflamasi (anti radang), dan menghilangkan rasa nyeri pada sendi, meningkatkan nafsu makan, serta mampu membersihkan darah. Sementara kandungan nutrisi kimia yang ada pada temulawak antara lain: Air sebanyak 19,98% pati sebanyak 41,45%, serat sebanyak 12,62%, abu sebanyak 4,62%, abu tak larut asam sebanyak 0,56%, sari air sebanyak 10,96%, sari alkohol sebanyak 9,48%, kurkumin sebanayak 2,29%. Kandungan nutrisi kimia ini diperoleh dari hasil tes uji yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman dan Obat. Kandungan nutrisi yang ada pada temulawak juga dapat mengatasi berbagai macam-macam gangunan pada pencernaan seperti perut kembung, dyspepsia dan indisgestion yang sudah tentu dapat diatas dengan khasiat dari nutrisi temulawak.

Cara Membuat Ramuan Penambah Nafsu Makan Dari Temulawak

Setelah kita membahas tentang temulawak, manfaat temulawak dan kandungan nutrisi yang terdapat pada temulawak, maka sekarang tinggal bagaimana cara membuat ramuan temulawak yang bisa digunakan sebagai obat penambah nafsu makan pada anak kita yang kadang-kadang kehilangan nafsu makan, begini caranya:
  • ambil dua batang temulawak atau secukupnya yang cukup besar
  • cuci sampai benar-benar bersih temulawak tersebut
  • parut lalu saring parutan temulawak tadi hingga tersisa hanya sari patinya saja
  • lalu minumkanlah saripati temulawak tadi kepada anak
  • jika memang sang anak tidak bisa meminum langsung sari pati temulawak tersebut secara langsung karena pahit maka ibu bisa menambahkan madu agar sari pati tersebut terasa manis dan anak mau meminum sari pati temulawak tersebut
  • jika memang anak masih saja tidak mau meminum sari pati temulawak tersebut, ibu bisa mencampurkannya dengan segelas air hangat yang juga dicampur dengan madu
  • buatlah ramuan temulawak ini setiap hari dan diminumkan setiap pagi hari sebelum sang anak memakan makanan berat
manfaat temulawak untuk anak

Ramuan temulawak ini berkhasiat untuk menambah nafsu makan, sebagai ramuan obat gemuk, menjaga stamina anak sehingga anak jarang sakit. Temulawak sangat baik sebagai nutrisi pendukung terhadap perkembangan dan pertumbuhan tubuh anak. Pun tidak ada efek samping sama sekali jika dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak kita, bahkan kebaikan akan manfaat dan khasiat dari mengkonsumsi temulawak akan lebih dirasakan oleh tubuh sang anak.

So, jangan salahkan anak apalagi sampai membentak-bentak anak. Ketika anak mengalami fase tidak doyan makan, maka kita sebagai orang tua harus sedikit lebih mengerti akan keadaan anak kita. Kita pun dituntun agar lebih kreatif untuk bisa memecahkan solusi dari masalah tersebut. Memberikan ramuan herbal tradisional alami dengan bahan dasar temulawak dengan dikombinasikan madu ternyata sangat besar manfaat dan khasiatnya bagi anak kita, ya tentu saja manfaat dan khasiat dari temulawak ini bisa mengembalikan keadaan agar anak mempunyai nafsu makan yang baik. Bukan hanya memperbaiki nafsu makan anak yang menurun saja, manfaat dan khasiat temulawak pun ternyata mampu memberbaiki dan mengobati sistem pencernaan anak yang terganggu. Nah, setelah kita tau manfaat dan khasiat temulawak, tentu sekarang ibu mempunyai opsi terhadap pemecahan masalah ketika menghadapi anak yang tidak doyan makan.

1 comment

Trimakasih gan sangat membatu sekali, mungkin bisa memberikan sedikit suplemen agar anak dapat menambah nafsu makannya
Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Laperma Platinum