-->

RESEP DAN CARA MEMBUAT MINUMAN TRADISIONAL WEDANG JAHE

Resep Dan Cara Membuat Minuman Tradisional Wedang Jahe - Wedang jahe, siapa yang tidak pernah meminumnya...? Tentu saja untuk semua orang jawa pasti sudah barang tentu tahu jenis minuman herbal yang satu ini, minuman khas tradisional alami asli dari daerah jawa, khusunya jawa tengah dan jawa timur. Wedang jahe adalah minuman sehat yang diramu dan dibuat dengan menggunakan bahan-bahan tanaman herbal yang sangat kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh agar selalu sehat, bugar dan selalu tampil prima.

resep-dan-cara-membuat-minuman-tradisional-wedang-jahe

Menghadapi musim penghujan seperti ini, wedang jahe adalah pilihan yang tepat sebagai minuman yang berfungsi sebagai penghangat tubuh. Tentu saja selain sebagai penghangat tubuh, wedang jahe sebagai minuman kesehatan tradisional alami ini mempunyai manfaat dan khasiat yang banyak untuk kesehatan tubuh. Manfaat dan khasiat ini diperoleh dari bahan-bahan alami herbal yang digunakan untuk membuat wedang jahe tersebut.

Bahan-bahan untuk membuat wedang jahe ini tentu saja berbahan dasar rimpang jahe, baik itu jahe jenis jahe putih/kuning, atau menggunakan rimpang jahe merah. Sementara bahan pelengkap yang digunakan pada wedang jahe juga masih menggunakan bahan-bahan herbal alami yang tentu saja akan menambah kekayaan manfaat dan khasiat pada minuman herbal tradisional alami ini, penggunaan bahan-bahan tambahan alami ini pun diambil dari tanaman-tanaman herbal, seperti sereh dan daun pandan, yang berfungsi sebagai pengharum dan pembangkit selera minuman wedang jahe itu sendiri. 

Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat mengkonsumsi wedang jahe tentu saja diambil dari bahan-bahan alami herbal tradisional alami yang digunakan untuk membuatnya. Bahan yang kita gunakan adalah jenis rimpang jahe merah atau jenis rimpang jahe kuning. Dari jenis kedua jahe tersebut, kita sudah bisa tahu manfaat jahe merah dan jahe kuning yang akan didapat pada ketika kita mengkonsumsi minuman herbal tradisional wedang jahe tersebut. Jahe merah sangat kaya akan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Seperti jahe merah sebagai obat rematik, obat asma, obat stroke, sakit gigi, diabetes, obat sakit otot, obat radang tenggorokan, hipertensi, mual dan masih banyak lagi manfaat yang didapat dari mengkonsumsi jahe merah yang dibuat dengan cara membuat wedang jahe berbahan dasar jahe merah maupun kuning.

Sementara manfaat mengkonsumsi wedang jahe ini antara lain adalah:
  • Membantu pelancar sirkulasi darah
  • Jahe adalah tanaman rimpang herbal yang memiliki kandungan gingerol yang sangat tinggi. Kandungan gingerol yang tinggi pada jahe akan membantu mengurai kolestrol atau lemak yang tertimbun pada darah dan hati. zat gingerol pada jahe juga akan membantu tubuh untuk menguraikan pembekuan darah sehingga aliran darah pada tubuh akan menjadi lancar.
  • Membantu memperbaiki sistem pencernaan tubuh
  • Sistem pencernaan tubuh bisa dikatakan baik atau sehat adalah ketika kita lancar buang air besar setiap harinya. Sembelit yang terjadi pada sistem pencernaan adalah ciri dimana sistem pencernaan kita tidak sehat. Maka mengkonsumsi wedang jahe secara rutin yang berbahan dasar jahe merah atau kuning ini bisa dipercaya untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh. Wedang jahe pun bisa digunakan sebagai pereda obat kembung dan mual pada perut.
  • Membantu meredakan sakit kepala
  • Jahe dikenal mempunyai kandungan zat anti inflamasi yang berfungsi sebagai pereda nyeri, sehingga mengkonsumsi wedang jahe pada saat anda mengalami sakit kepala yang teramat sangat, maka sangat cocok untuk bisa meredekan sakit kepala anda dan tentu saja badan akan terasa sangan rileks.
  • Membantu meredakan demam pada tubuh
  • Mengkonsumsi wedang jahe dipercaya sangat berkhasiat meredakan sakit demam pada tubuh akibat sistem imun tubuh menurun.

Resep Dan Cara Membuat Wedang Jahe Yang Kaya Akan Manfaat

Setelah kita tahu manfaat dari mengkonsumsi wedang jahe berserta dengan khasiat dari jahe merah yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan minuman herbal tradisional wedang jahe untuk kesehatan tubuh, maka kita akan belajar bagaimana cara membuat olahan wedang jahe agar kita bisa membuatnya sendiri dirumah.

resep-dan-cara-membuat-minuman-tradisional-wedang-jahe

Untuk membuat wedang jahe ala kita sendiri tidaklah terlalu ribet dan serumit yang kita banyangkan kok. Bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuatnya pun tidaklah terlalu sulit untuk didapat. Semuanya bahan tentunya mudah didapat dipasar-pasar yang ada disekitar rumah kita atau bahkan di supermarket. Resep, bahan dan cara membuat wedang jahe sebagai berikut:

A. Bahan-bahan yang digunakan:
  • Jahe merah atau jahe kuning sebanyak 1 ruas sebesar ibu jari bisa juga lebih tergantung dari berapa banyak air yang akan digunakan
  • 1 lembar daun pandan segar
  • 350 mililiter air matang
  • 100 gr gula aren (gula jawa)
  • 2 buah cengkeh
  • 1 batang kecil kayu manis
  • 2 batang daun sereh
B. Cara membuatnya
  • Cuci bersih jahe merah atau jahe kuning tadi sampai benar-benar bersih. Jahe bisa disangrai terlebih dahulu atau pun dibakar sesuai dengan selera anda. Pun jahe bisa langsung digunakan dengan cara direbus secara bersaman. Jahe bisa diiris tipis tipis terlebih dahulu ketika akan disangrai atau pun tidak, jahe bisa dimemarkan ketika sudah dibakar, dan direbu dengan bahan-bahan yang sudah tersedia tadi secara bersamaan.
  • Cuci bersih daun sereh, lalu memarkan daun sereh tersebut
  • Panaskan air sebanyak 350 mililiter dalam panci, tunggu sampai agak mendidih.
  • Iris gula aren (jawa) sebanyak 100 gram tadi sebelum dimasukkan kedalam air mendidih
  • Setelah selesai dipersiapkan semuanya, maka masukkan bahan-bahan tadi secara bersamaan 
  • Tunggu sampai ramuan wedang jahe tadi hingga benar-benar mendidih dan volume air menyusut sampai pada kisaran 250 mililiter.
  • Tiriskan kemudian hidangkan wedang jahe tadi.
Nah mudah bukan ternyata membuat minuman tradisional alami wedang jahe yang kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Wedang jahe memang minuman tradisional herbal alami warisan nenek moyang kita, minuman warisan yang memang ternyata mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita sendiri, ketika kita rajin megkonsumsinya maka khasiatnya akan lebih terasa bagi kesehatan tubuh kita. manfaat wedang jahe bisa sebagai pelancar sistem pencernaan tubuh, mengobati demam, menghangatkan tubuh, dan membantu meredakan sakit kepala. Nah banyak bukan ternyata, so, mulai sekarang kita harus mulai rajin mengkonsumsi minuman herbal ini, ketimbang kita mengkonsumsi minuman-minuman yang tidak jelas khasiatnya untuk tubuh kita. Dan selamat mencoba resep wedang jahenya ya....!!!

22 comments

:-bd baru tahu nih mas, biasanya saya cuma jahe saja. coba dulu ah

wedang jahe adalah minuman yang paling cocok bagi orang yang tinggal di daerah bersuhu dingin seperti Desa Cilembu yang berada dilereng Gunung Kareumbi.
dengan sruput wedang jahe di temani dengan Ubi Cilembu madu OVEN,,pas dan makjleb dong ah

iya kang... pasti enak banget ya kang... siaplah kang...

Siap kang Ifrod Maksum... Semoga khasiat dan manfaatnya terasa yah kang....

balik lagi kesini berharap nggak di suguhin wedang jahe doang, tapi sekalian dengan camilannya

saya sih yg sering mengkonsumsi STMJ mas,jarang banget kalau cuman wedang jahe.
kayaknya perlu dicoba nih,mengingat cara buatnya yg nggak terlalu sulit

kang ubi....
balik geh,dicariin ibuke noh

hahahahahaha.... siap kang..... diantos pisan

gampang kok mas bikinnya.... minuman ini sangat cocok untuk para peroko... semakin enteng dadanya mas... makin lega... kalau dikonsumsi secara rutin setiap hari... insha allah

saya mau nyuruh ibuke aja deh mas,biar lebih mudah tinggal sruput :D

tuh sudah ngomong kan camilannya ubi cilembu

bikin sendiri.....!!! hahaha

tinggal sruput.. ga pake cape ya kang... hehehe...

Hmm sebenarnya sih kang saya tidak terlalu suka sama jahe tapi kalau dicampur saya suka, saya coba deh kang semoga saja bisa membantu nih.

Jika Musim dingin tiba enaknya minum wedang jahe ya gan!

Wah enak bener nih mas yanto, tinggal suruh-suruh aja. Kasihan tuh ibu, suda capai!

Desa Cilembu dingin ya gan! Jadi penasaran nih!

silahkan kang iman... mudah" nantinya jadi suka jadhe ya kang...

iya gan, badan jadi terasa hangat, ga mudah masuk angin, stamina selalu terjaga... ga mudah sakit....!!