-->

TIPS DAN CARA MEMBEDAKAN MADU ASLI DAN PALSU

Inilah Beberapa Tips Dan Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu - Siapa sih yang tidak tahu akan khasiat dan manfaat madu asli yang dihasilkan oleh lebah pekerja ini sebagai penunjang kesehatan tubuh kita sendiri...? Siapa sih yang tidak tahu manfaat dan khasiat madu sebagai penunjang kesehatan tubuh dan madu sebagai bahan untuk dijadikan sebagai penunjang campuran resep yang digunakan untuk berbagai obat-obatan herbal alami yang berfungsi sebagai penunjang khasiat obat alami itu sendiri.

Selain madu baik untuk perawatan kesehatan tubuh, madu pun kini banyak digunakan sebagai obat penyembuh dan obat terapi penyembuhan berbagai macam penyakit dan madu pun sudah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik dengan madu sebagai bahan utama pembuatan kosmetiknya. Dari faktor inilah maka permintaan kebutuhan madu dipasaran menjadi tinggi dan membuat harga dipasaran menjadi lebih mahal.

tips-dan-cara-membedakan-madu-asli-dan-madu-palsu


Cara Mengenali Dan Menguji Perbedaan Madu Asli dan Madu Palsu

Tetapi tahukah kita bahwa madu asli alami yang dihasilkan oleh lebah ini sudah banyak yang  dipalsukan dan diedarkan serta dijual bebas dipasaran...? Madu yang dipalsukan ini adalah madu-madu alami yang berasal dari lebah liar maupun dari lebah hasil budidaya petani lebah madu. Madu yang dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab ini bertujuan mengambil keuntungan yang besar dari hasil permintaan madu yang tinggi sehingga madu palsu ini pun mendapatkan keuntungan besar untuk kantong para pemalsu madu tanpa pernah mau memperdulikan efek dan akibat banyak orang mengkonsumsi madu palsu yang mereka buat. Selain harganya lebih murah madu palsu dari harga madu asli, madu palsu pun ternyata sangat berbahaya untuk kita ketika kita mengkonsumsinya.

Secara kasat mata, sepintas madu asli dan madu palsu tentu tentu sangatlah sulit untuk dibedakan, sang oknum semakin pandai membuat madu palsu hingga menjadi mirip dengan madu asli yang diproduksi oleh lebah. Adakah cara yang efektif agar kita bisa membedakan antara madu asli dan madu palsu...? bagaimana caranya mengenalinya...? Mengingat madu palsu sangat mirip dengan dengan madu asli, mulai dari sifat madu asli baik dari bentuk dari tekstur fisik madu itu sendiri, aroma, warna dan serta rasa madu. Tapi dari keempat ciri madu (fisik, aroma, warna dan rasa madu) yang ada tentu saja para pemalsu madu tidak bisa menduplikat kandungan enzim-enzim alamiah yang terdapat pada madu yang diperoleh dan diproduksi hanya oleh lebah. Jenis enzim-enzim yang  terdapat pada madu asli yang tentu saja tidak dapat dipalsukan oleh pemalsu madu adalah:
  • Enzim Diatase
  • Enzim Intervase
  • Enzim Glukosa Oksidase
  • Enzim Katalase
  • Enzim Protease
Peluang pemalsu madu asli terhadap produksi pembuatan madu palsu, selain tingginya permintaan madu asli dipasaran, tentu saja pemalsuan madu asli juga didasari oleh banyaknya konsumen madu yang tidak mengetahui perbedaan tentang kualitas yang baik dari madu asli alami itu sendiri, nah celah inilah yang kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh para produsen madu palsu, alhasil kini madu palsu pun banyak beredar dipasaran.

Cara Sederhana Menguji Keaslian Madu Untuk Mengenali Keasliannya

Mari kita belajar, cara sederhana mengetes, menguji dan mengenali ciri-ciri dari madu yang berkualitas baik dan bagaimana caranya membedakan ciri-ciri kemurnian madu, antara madu yang asli dengan madu yang palsu, langkah-langkahnya antara lain:

- Mengenali ciri-ciri madu asli dan madu palsu dengan melakukan uji coba menggunakan media air minum
Cara sederhana pertama yang bisa kita lakukan untuk membedakan ciri-ciri madu asli dan madu palsu dengan menggunakan media air tentu saja adalah cara sederhana tetapi sangat efektif agar kita bisa membedakan mana madu asli dan madu palsu. Caranya sebagai berikut: 
Siapkan dua buah gelas bening transparan yang sudah diisi dengan air minum pada masing-masing gelas tersebut. Masukkan madu asli dan madu palsu kedalam masing-masing gelas, aduk dan diamkan sejenak dan lihatlah perbedaan yang muncul didalam setiap masing-masing gelas, madu palsu tentu saja akan terlihat jernih, dan air gelas yang tercampur dengan madu asli tentu saja akan terlihat lebih keruh. Tau kenapa...? Karena madu asli mengandung sarisari bunga yang diambil oleh lebah dengan menghisap nektar sari bunga yang langsung bersumber dari alam.

cara-menguji-keaslian-madu-asli-dan-madu-palsu

- Mengenali ciri-ciri madu asli dan madu palsu dengan uji coba menggunakan api lilin untuk memanaskan madu
Cara sederhana kedua ini pun sangat mudah untuk diaplikasikan dan dipraktekkan secara langsung oleh kita agar kita semakin pintar untuk bisa membedakan ciri-ciri dari madu asli dan madu palsu. Cara sederhana ini pun seringkali digunakan oleh banyak orang untuk membedakan dan mengenali perbedaan dari madu asli dan madu palsu sebelum mereka membeli madu.
  • Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan dua buah sendok makan
  • Siapkan lilin dan korek api
  • Tuangkan madu asli dan madu palsu pada masing-masing sendok makan tadi
  • Nyalakan lilin dengan korek api lalu panaskan sedok yang sudah diisi dengan madu tadi. Perhatikan perubahan yang nanti akan terjadi pada setiap madu yang dipanaskan dengan menggunakan api pada lilin, perubahan pertama tentu bisa kita kenali dari fisik madu itu sendiri, madu akan berubah menjadi pekat kecoklatan dan perubahan kedua adalah madu akan menghasilkan busa ketika nanti dipanaskan oleh api lilin.
Madu asli akan berbusa banyak dan akan meluber keluar dari sendok makan yang dipanaskan dengan menggunakan api lilin tadi, sementara madu palsu juga sama-sama akan berbusa tetapi busa dari madu palsu tidak akan meluber keluar dari sendok makan yang dipanaskan dengan api lilin tadi. Setelah dipanaskan kedua madu tersebut sampai keluar busa dari setiap madunya, maka langkah selanjutnya dari hasil pemanasan kedua madu yang bisa kita kenali tadi adalah mendiamkan madu beberapa saat supaya madu menjadi dingin terlebih dahulu, setelah madu dingin langkah selanjutnya adalah mengaduk dengan menggunakan batang lidi dan tariklah madu, perhatikan perubahan fisik yang terjadi pada kedua madu yang sudah dipanaskan tadi. 

Madu palsu ketika diaduk dan ditarik keatas menggunakan lidi maka madu palsu akan membentuk seperti sehelai benang kaku dan  mengeras, bentuk fisiknya hampir sama dengan ketika memanaskan gula pasir yang berubah seperti permen kristal. Sementara madu asli akan tetap bertekstur lembut walaupun madu asli sudah sama-sama dipanaskan, madu asli pun ketika ditarik keatas menggunakan lidi tidak akan membentuk seperti benang.     

- Mengenali ciri-ciri madu asli dan madu palsu, uji coba dengan menggunakan potongan daging sapi atau ikan yang dicampur dengan madu asli dan madu palsu
Cara sederhana ketiga ini adalah cara yang paling rumit diatara uji coba yang lainnya. Memerlukan waktu uji coba yang cukup lama agar kita bisa mengetahui perbedaan dari madu asli dan madu palsu. Untuk bisa mengetahui Mengenali perbedaan dari ciri-ciri madu asli dan madu palsu juga bisa dilakukan dengan menggunakan potongan daging sapi maupun potongan daging ikan yang dimasukkan kedalam toples tertutup rapat dengan mencampurkan madu kedalam toples yang sudah berisi  potongan daging sapi maupun daging ikan tadi. Simpan ditempat kering dan tunggu sampai dua minggu kedepan maka kita bisa mengamati perubahan bentuk fisik akan terjadi pada  kedua potongan daging tersebut.

Setelah melewati masa penyimpanan selama dua minggu pada masa uji coba dengan  menggunakan potongan daging sapi dan madu, maka perubahan pertama yang bisa kita kenali adalah dengan melihat perubahan fisik pada potongan daging sapi atau ikan serta aroma yang akan dikeluarkan oleh potongan daging yang sudah dicampurkan oleh madu asli maupun madu palsu. Perubahan fisik dan aroma pada potongan daging yang sudah dicampurkan dengan madu asli tidak akan merubah mengeluarkan aroma busuk menyengat walaupun potongan daging menyusut dan berubah warna menjadi coklat pucat. Sementara perubahan fisik dan aroma pada potongan daging yang dicampurkan dengan madu palsu akan mengeluarkan aroma busuk menyengat dan potongan daging atau ikan tetap sesuai ukuran aslinya dan berubah warna menjadi kehitaman.

manfaat-belajar-mengenali-perbedaan-madu


Manfaat Madu Asli Untuk Kesehatan Tubuh Kita Sendiri

Dari beberapa cara yang sudah kita pelajari maka kita sebagai konsumen madu diharapkan tidak lagi mudah tertipu dengan madu palsu yang sudah banyak beredar dipasaran. Manfaat dari kita belajar melakukan uji coba membedakan madu asli dan madu palsu adalah ketika kita akan membeli madu maka kita akan lebih cermat dan menjadi lebih teliti lagi mengenali madu. 

Sebelum kita membeli madu alangkah baiknya kita melihat dimana madu itu dijual, apakah itu diedarkan dan dibuat oleh peruhasaan yang memang menjadi produsen madu, intinya dari semuanya adalah lebih baik kita membeli madu dari sumbernya langsung atau membeli madu dari petani madu yang memang membudidayakan lebah untuk diambil madunya, bukankah sekarang sudah banyak petani lebah madu, selain kita bisa mensejahterakan petani madu resiko kita untuk mendapatkan madu palsu pun relatif lebih kecil.

Pun alangkah baiknya sebelum kita mengkonsumi madu yang sudah kita beli demi keamanan kesehatan tubuh, kita bisa melakukan uji coba sederhana sederhana menggunakan  langkah-langkah seperti yang sudah kita bahas diawal tulisan tadi. Dengan menggunakan langkah-langkah tadi diharapkan kita bisa mengenali ciri-ciri madu yang mempunyai  kualitas baik, bisa membedakan dengan ciri-ciri madu asli dan palsu dengan cermat  dan teliti sehingga kita tidak tertipu lagi dengan penampilan fisik madu madu palsu yang bentuk fisiknya hampir sama dengan madu asli. Selamat mencoba.

2 comments

bagus informasinya mudah dimengerti..
tq min

Tes madu asli memang diperlukan... Agar tidak terjebak madu palsu