-->

MANFAAT KENTANG UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh - Semua orang pasti sudah tau dengan jenis sayuran kentang...? Sayuran yang sudah sangat akrab ditelinga kebanyakan masyarakat kita ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh manusia saja, kentang pun kini banyak digunakan untuk diambil manfaatnya sebagai makanan yang bisa menjaga kesehatan kulit tubuh. 

Kentang yang bernama latin Solanum Tuberosum L, adalah tanaman asli dari daerah Amerika Selatan, kentang pun dijadikan makanan pokok di kawasan benua Eropa. Kentang didaerah tropis, sangat cocok ditanam didataran tinggi saja. Kentang pun masuk kedalam tanaman berbiji dua (dikotil).

khasiat dan manfaat kentang untuk kesehatan tubuh

Kentang adalah tanaman sayur yang tumbuh dengan menjalar. Kentang adalah Sayuran yang diambil bonggol akarnya ini untuk dikonsumsi. Kentang pada era sekarang pun sudah dimodifikasi dengan berbagai macam olahan makanan yang berasal dan berbahan dasar kentang. Kita mungkin mengenal beberapa jenis makanan yang terbuat dengan bahan utama kentang seperti donat, kue tart dan sebagainya. Tetapi dari penjabaran diatas tadi, tulisan artikel ini dibuat bukan untuk membahas mengenai makanan dari bahan dasar kentang dan cara menanam kentang dengan baik. Tahukah anda bahwa kentang ternyata mempunyai banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita...? Sayuran yang biasa digunakan untuk campuran membuat sayur sop dan berbagai macam masakan serta olahan makanan ringan ini mempunyai kandungan zat dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh kita.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Yang Terdapat Pada Kentang 

Kentang yang sangat cocok ditanam diatas ketinggian kurang lebih 1600 sampai dengan 3000 meter diatas permukaan laut ini ternyata mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang tidak sedikit jumlahnya, kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang ini tentu saja sangat baik untuk tubuh jika kita mengkonsumsi kentang sebagai bahan makanan, kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang antara lain, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, potasium dan tentu saja vitamin. Tetapi dari semuanya itu jikalau kita prosentasekan maka akan menjadi 65% nutrisi dan 35% zat-zat lainnya yang terdapat pada kentang. Nutrisi-nutrisi inilah yang tentunya tidak akan merugikan kesehatan tubuh jika kita sering mengkonsumsi kentang. 

Nutrisi yang terdapat dalam kentang per 100 gram maka akan mendapatkan kandungan nutrisi kentang sebanyak:
  • Energi sebesar 83 kilokalori
  • Protein 2 gram
  • Karbohidrat 1 gram
  • Lemak 0,1 gram
  • Kalsium 11 miligram
  • Fosfor 56 miligram
  • Zat besi 1 miligram.
  • Potasium 
Selain Itu didalam sayuran kentang pun kita bisa menemukan beberapa kandungan vitamin atau kandungan gizi yang ada pada sayuran kentang, seperti:
  • Vitamin A sebanyak 0 UI
  • Vitamin B1
  • vitamin C 17 miligram. 
Hasil tersebut diperoleh dengan melakukan penelitian terhadap kandungan nutrisi kentang sebanyak 100 gram kentang, dengan asumsi jumlah kentang yang dimakan sebanyak 85%.

Manfaat Kentang Sebagai Pencegah Berbagai Macam Jenis Penyakit

Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada sayuran kentang ini ternyata sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh. Beberapa kandungan gizi ini pun ternyata sangat baik untuk menjaga dan merawat tubuh dari beberapa penyakit yang bisa menurunkan kondisi kesehatan tubuh. Diantaranya adalah sariawan, perdarahan pada gusi, meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa dari gejala penyakit yang ada bisa secara dini cicegah dengan mengkonsumsi kentang sesuai dengan kebutuhan artinya dikonsumsi secara tidak berlebihan. Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada kentang yang bisa mencegah penyakit tersebut adalah vitamin C yang tinggi sekitar 17 miligram, zat besi, dan kolagen.

Nah ternyata kita sudah bisa mengetahui beberapa kandungan gizi yang terdapat pada kentang. Beberapa dari kandungan gizi yang terdapat pada kentang ternyata sangat bermanfaat dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita tentu sebagai obat yang bisa mencegah tubuh terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Tentu saja hasilnya bisa didapat jika mengkonsumsi sayuran kentang dengan baik. So, masihkah kita tidak suka dengan kentang setelah kita mengetahui manfaat kentang untuk kesehatan tubuh kita sendiri..?

Masih tidak sukakah anda dengan kentang ketika kita sudah tau akan manfaat kentang untuk kesehatan tubuh kita sendiri, tentu akan sangat merugikan kita sendiri ketika kita tidak mengkonsumsi kentang. Minimalnya ketika kita tidak suka mengkonsumsi kentang secara langsung, kita sendiri harus kreatif mencari info tentang makanan olahan kentang, tujuannya cuma satu agar kita bisa mengkonsumsi kentang dan menjadi suka dengan kentang.