-->

4 Tanaman Herbal Yang Wajib Ada Dipekarangan Rumah

4 Jenis Tanaman Herbal Yang Wajib Ada Dipekarangan Rumah - Mempunyai taman obat keluarga sendiri tentu saja menjadi impian untuk setiap orang yang memang sangat senang mengkonsumsi obat-obatan herbal ketika kesehatan tubuhnya diterpa sakit. Dalam arti, kita bisa secara langsung memanfaatkan tanaman  herbal yang sudah ditanam ditaman obat keluarga yang sudah kita buat sendiri dihalaman atau dipekarangan rumahnya.

jenis-tanaman-herbal

Tanaman yang mereka tanam dihalaman atau pekarangan rumahnya ini tentu saja adalah jenis tanaman herbal yang mempunyai khasiat dan manfaat sebagai penyembuh berbagai macam jenis penyakit. Tanaman-tanaman herbal inilah yang kemudian bisa langsung diolah menjadi berbagai macam resep dan ramuan obat-obatan herbal tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Memang ada banyak sekali jenis tanaman herbal yang sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk kesehatan. Tetapi dalam artikel ini kita akan membahas 4 tanaman herbal yang wajib ada dihalaman atau pekaarangan rumah kita sendiri. 4 tanaman herbal ini sengaja diulas karena selain bermanfaat dan berkhasiat tentu saja adalah jenis tanaman herbal yang paling sering dimanfaatkan untuk berbagai jenis racikan dan ramuan pada resep obat herbal tradisional. Dengan adanya 4 jenis tanaman herbal yang wajib ada dipekarangan rumah kita ini kita bisa dengan mudah memanfaatkannya jika sewaktu-waktu kita memerlukan bahan-bahan obat herbal untuk membuat ramuan dan racikan obat herbal kita bisa langsung mengambilnya tanpa perlu kita repot-repot mencari bahan-bahan tersebut diluaran. 

4 jenis tanaman ini diambil selain faktor sangat sering dicari juga karena faktor kemudahan mendapatkan bibit tanamannya. 4 bibit jenis tanaman ini bisa diperoleh karena bibitnya sudah tersedia didapur anda sendiri, jadi kita tidak perlu repot-repot mencari bibit tanaman herbal diluaran. Ini adalah cara meransang minat anda terhadap budidaya tanaman herbal rumahan anda sendiri. Siapa tau kemudian anda tertarik untuk menambah koleksi tanaman herbal dipekarangan rumah anda. 4 jenis tanaman herbal ini antara lain, jahe baik itu jahe merah maupun jahe kuning, sereh atau serai, kunyit dan kencur. 4 jenis tanaman herbal inilah yang bibitnya bisa kita peroleh didapur anda sendiri bukan...? 4 bibit tanaman herbal ini adalah jenis obat-obatan herbal yang ada didapur anda sendiri , jadi kita tidak pusing mencari bibit tanaman herbalnya.

manfaat-tanaman-obat-keluarga

Manfaat Dari Tanaman Obat Di Pekarangan Rumah

Inilah manfaat dasar yang bisa kita ambil dari adanya taman obat keluarga dipekarangan rumah kita. Memang taman obat keluarga ini sangat berguna dan berfungsi sebagai penunjang kesehatan keluarga ketika kita mendadak mengalami sakit. Dari mulai sakit yang biasa kita alami, seperti flu, demam, batuk, radang, pegel linu, darah rendah dan darah tinggi pada badan sampai sakit berat, seperti diabetis, kolesterol sampai kepada sakit kanker. 

Seperti yang kita tahu, bahwa tanaman obat keluarga adalah taman obat keluarga merupakan hasil dari budidaya tanaman obat rumahan yang sudah pasti memiliki khasiat tersendiri sebagai obat dalam rangka pemenuhan obat-obatan herbal alami tradisional keluarga. Fungsi dari taman obat keluarga ini salah satunya adalah sebagai saran untuk mendekatkan tanaman obat kepada upaya kesehatan masyarakat dimana salah satunya adalah upaya preventif terhadap pencegahan berbagai macam jenis penyakit, kemudian taman obat keluarga juga bisa berfungsi kuratif yaitu sebagai sarana penyembuh terhadap berbagai macam penyakit.

Nah untuk itulah, mari kita bahas 4 jenis tanaman herbal yang wajib ada dihalaman pekarangan rumah anda. Apa saja 4 jenis tanaman herbal ini...? berikut uraian lengkapnya. 4 jenis tanaman herbal yang wajib ada dipekarangan rumah kita adalah:
1. Tanaman Herbal Jahe Merah
Beberapa khasiat dan manfaat dari tanaman herbal jahe merah tentu sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Olahan berbagai macam jenis obat dan olahan berbagai macam minuman herbal tradisional yang diracik dan diramu yang berbahan dasar jahe merah pun kini sudah banyak dibuat oleh berbagai perusahaan farmasi khusus obat herbal maupun oleh perusahaan farmasi obat modern.

Pemanfaatan jahe merah sebagai obat alami herbal tradisional ini antara lain jahe merah sebagai obat rematik, obat asma, obat stroke, obat sakit gigi, obat diabetes, obat sakit otot, obat sakit tenggorokan, obat kram hipertensi, obat mual, obat demam dan infeksi.

Cara menanam tanaman jahe merah dipekarangan rumah pun relatif sangat mudah. Tanaman herbal jahe merah adalah salah satu tanaman herbal tradisional yang sangat bisa dibudiyakan sekalipun itu dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang serba terbatas. Selain dipekarangan rumah, jahe merah pun bisa dibudidayakan dengan cara ditanam pada media pot atau polybag.

manfaat-tanaman-sereh

2. Tanaman Herbal Sereh Atau Serai
Cara menanam sereh dihalaman atau pekarangan rumah pun sangat mudah dan retalif tidak menyulitkan. Tanaman jenis herbal yang masuk dalam suku rerumputan ini sangat mudah dibudidayakan dilahan pekarangan dan halaman rumah. Tidak memerlukan jenis tanah yang khusus, sehingga tanaman sereh pun bisa ditanam pada jenis tanah apapun. Selain bisa langsung ditanam pada lahan pekarangan atau halaman rumah anda, sereh pun juga bisa dibudidayakan pada pot maupun polybag.

Manfaat sereh ketika anda menanam jenis tanaman herbal ini, halaman rumah anda akan bebas dari nyamuk. Tanaman sereh mampu mengusir nyamuk yang mungkin sangat banyak dihalaman rumah anda. Kandungan sitronela yang tingggi yang terdapat pada sereh membuat nyamuk enggan mendekat. Tanamannya pun bisa mengusir nyamuk dengan mengeluarkan aromanya, apalagi kandungan minyak atsiri pada sereh jika sereh diproses dengan cara dilakukan penyulingan. Hasil penyulingan inilah yang bisa dijadikan bahan oles pada kulit agar tubuh anda bebas dari gigitan nyamuk.

3. Tanaman Herbal Kunyit
Tanaman herbal yang bisa dengan mudah kita dapatkan bibitnya didapur anda adalah kunyit. Ya kita tahu kunyit selain bernilai sebagai obat yang berkhasiat dan bermanfaat untuk penyembuh dan pencegah berbagai macam penyakit, tanaman kunyit pun bisa bernilai ekonomis tinggi jika kita belajar dengan serius bagaimana cara membudidayakan kunyit pada lahan pertanian yang skalanya lebih luas lagi.

Sama seperti tanaman herbal jahe merah, tanaman herbal kunyit pun masuk kedalam jenis tanaman herbal yang masuk kedalam keluarga tanaman empon-emponan. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, manfaat dan khasiat kunyit adalah salah satu sebagai upaya penyembuh ketika kita mengalami gangguan kesehatan pada tubuh kita. Penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi ramuan atau racikan herbal kunyit antara lain adalah, peradangan pada sendi, mampu menurunkan demam panas pada anak-anak, menghentikan pendarahan serta mencegah penggumpalan darah, mampu menyembuhkan sakit kunning atau hepatitis, serta mampu melancarkan asi pada ibu yang menyusui.

Pembudidayaan kunyit pada taman obat keluarga pun relatif tergolong sangat mudah. Selain bisa langsung ditanaman pada pekarangan dan halaman rumah kita, tanaman kunyit pun bisa tumbuh dengan baik dan subur pada media tanam polybag maupun pot, asalkan kita dengan seksama memperhatikan media tanah yang akan kita gunakan untuk menanam kunyit pada media pot maupun polybag. Hindari pemakaian pupuk kimia dan obat pembasmi kimia seperti pestisida yang tentu sangat tidak menyehatkan untuk kesehatan tubuh kita sendiri.

4. Tanaman Herbal Kencur
Sama seperti tanaman jahe merah dan kunyit, kencur pun masuk kedalam salah satu jenis tanaman empon-emponan. Pemanfaatan dari tanaman herbal kencur ini adalah dengan mengambil rimpang atau umbinya. Dari pengambilan rimpang umbi kencur inilah banyak ditemukan kandungan minyak atsiri dan alkaloid yang memberikan manfaat dan khasiat yang baik untuk mencegah dan media penyembuh ketika badan atau tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan.

Tanaman herbal kencur bisa tumbuh dengan baik pada lahan pekarangan atau halaman yang mempunyai tanah dengan tekstur kegemburan yang tinggi dan relatif mengandung air tanah yang relatif sangat rendah, karena jika tanah mengandung banyak air, dikhawatirkan umbi atau rimpang kencur akan cepat membusuk akibatnya tanaman kencur pun bisa mati. 

khasiat-kunyit

Sementra manfaat kencur sebagai obat tradisional herbal alami yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit ini antara lain adalah kencur sebagai obat masuk angin, mengobati radang lambung, mengobati keseleo, mengobati mules pada perut, mengobati batuk, meengobati diare.

Nah itulah 4 jenis tanaman herbal yang wajib ada dipekarangan halaman rumah anda sendiri. 4 jenis tanaman inilah yang biasanya selalu ada dalam daftar jenis tanaman obat-obatan herbal pada daftar tanaman taman obat keluarga atau biasa disebut dengan istilah toga. Menanam 4 jenis tanaman sengaja dipilih karena faktor kemudahan mencari bibit tanamannya. Bibit tanaman ini bisa kita dapatkan dengan mudah karena bibit ini masuk kedalam menu wajib bumbu-bumbu dapur yang sudah pasti selalu ada.

So, jadi sudah pasti tidak ada ruginya ketika kita memilih menanam tanaman obat dipekarangan rumah anda sendiri. Keuntungan yang bisa didapat ketika kita menanam 4 jenis tanaman herbal ini sendiri dipekarangan rumah anda adalah ketika anda terdesak anda bisa dengan mudah memanfaatkan tanaman herbal yang sudah tersedia tanpa perlu susah payah mencari bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat obat herbal tradisional tersebut. Bukan hanya untuk bahan obat tradisional saja, tanaman ini pun sewaktu bisa anda manfaatkan sebagai bahan umbu dapur untuk mendukung berbagai macam resep masakan yang akan anda buat.

2 comments

kalau tanaman yang satu ini saya belum tanam, soalnya lahannya agak sulit bagi saya, rumah saya tanahnya berbatu jadi suash ditanami tanaman ini

Dirumah saya juga sudah nanam, jika perlu mendadak tinggal ambil