-->

CARA MENANAM SEREH YANG BAIK DIHALAMAN RUMAH

Cara Menanam Tanaman Sereh Dihalaman Rumah - Serai atau biasa dikenal dengan nama sereh (nama istilah kedaerahan) sangatlah mudah untuk dibudidayakan. Serai atau sereh ini masuk kedalam jenis tanaman suku rerumputan yang mempunyai kandungan senyawa yang baik untuk dijadikan bahan meracik obat herbal alami yang sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain dijadikan sebagai bahan alami pembuatan obat herbal tradisional sereh pun sangat populer dipakai sebagai bumbu rempah dapur untuk membuat berbagai macam resep masakan.

cara-menanam-sereh-yang-baik-dihalaman-rumah

Serai atau sereh adalah salah satu jenis tanaman herbal yang menjadi pelengkap dalam daftar tanaman taman obat keluarga yang memang wajib ada dihalaman pekarangan rumah anda. Sereh biasanya tidak luput untuk ditanaman dan dibudidayakan karena pertimbangan pemanfaatan dan pengolahan hasil dari ramuan dan racikan sereh untuk obat tradisional herbal alami yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. 

Khasiat dan manfaat sereh untuk kesehatan tubuh diantara adalah sereh sebagai obat anti kanker, sereh sebagai obat diabetes, sereh sebagai anti inflamasi dan anti septik, sereh sebagai obat anti masuk angin dimana sereh diolah untuk dijadikan minyak oles. Khasiat dan manfaat dari sereh ini biasa diambil dengan cara mengolah sereh dengan cara disuling untuk bisa mendapatkan ekstrak saripati dari sereh itu sendiri. Kandungan yang terdapat dalam saripati ekstrak sereh itu sendiri salah satunya adalah kandungan minyak astiri yang sangat bermanfaat untuk mencegah sakit pinggang, masuk angin, anti nyamuk dan sebagainya. 

Cara menanam tanaman sereh dihalaman rumah pun ternyata sangatlah mudah, mengingat persyaratan tumbuh tanaman sereh yang tidak terlalu ribet. Tanaman sereh bisa tumbuh pada dataran 100 meter sampai 1000 meter diatas permukaan laut. Artinya sekalipun rumah kita didataran rendah menanam tanaman sereh masih bisa tumbuh dengan baik asalkan kita bisa memperhatikan bagaimana cara menanam sereh yang baik, bagaimana cara merawat sereh yang baik dan bagaimana cara berkebun tanaman sereh yang baik. Menanam tanaman sereh pun sangat cocok ditanam pada berbagai macam jenis tanah baik itu jenis tanah lempung, tanah berpasir, tanah hitam coklatan.

Cara Menanam Sereh Yang Baik Dihalaman Rumah 

Cara menanam tanaman sereh pada media lahan pekarangan rumah ini menggunakan metode penanaman organik, artinya dalam melakukan penanaman dan perawatan tanaman sereh kita tidak sama sekali menggunakan campuran bahan-bahan kimia, baik menggunakan pupuk kimia sebagai penunjang tumbuh kembang tanaman sereh maupun perawatan sereh terhadap hama tanpa menggunakan pembasmi hama kimia. Kita hanya boleh menggunakan bahan-bahan alami seperti kompos dalam melakukan perawatan tanaman sereh mengingat sereh yang kita tanaman akan langsung dikonsumsi oleh kita sendiri. So, kita menghindari pemakaian pupuk kimia karna pemakaian pupuk kimia dan pembasmi hama kimia pestisida sangat membahayakan kesehatan tubuh kita sendiri.

ciri-bibit-umbi-sereh-yang-baik

Cara menanam sereh yang baik adalah dengan cara memepersiapkan lahan tanah tanam sereh yang akan digunakan untuk menanam tanaman sereh itu sendiri, anda bisa memperhatikan posisi memperhatikan lahan tanah pada halaman rumah anda sendiri, baiknya sereh akan ditanam diposisi mana, kemudian gemburkan tanah dengan menggunakan sendok semen, alat ini sebenarnya peralatan tukang bangunan, tetapi kita bisa menggunakan sendok semen untuk menyiapkan lahan tanam yang berfungsi untuk menggemburkan tanah, carana congkel tanah hingga benar-benar gembur dengan kedalam tanah kira-kira sampai kedalam 15cm sampai 20 cm tergantung kepada kebutuhan tanam dan ruas panjang bibit sereh itu sendiri. Langkah-langkah atau cara menanam sereh yang baik adalah sebagai berikut:
  1. Persiapkan bibit tanaman sereh yang akan kita tanam
  2. Siapkan dua batang sereh yang sudah kita pilah dan kita potong sepanjang kira" 25cm dari akarnya. Kita pun tidak perlu susah-susah dalam mempersiapkan dan memilih bibit sereh yang akan kita tanam dihalaman pekarangan rumah kita. Bibit tanaman sereh ini bisa kita peroleh dari rempah-rempah bumbu dapur, kita bisa memilih sereh dengan kualitas yang baik, dimana sereh yang sudah ada masih segar dan tidak busuk pada masih mempunyai sisa akar pada batang serehnya. Atau anda bisa membeli bibit tanaman sereh dikebun-kebun penjual bibit tanaman yang ada disekitar daerah wilayah tempat tinggal anda. Pastikan bibit sereh ini sehat dan bebas dari hama. Cara yang paling praktisnya adalah dengan meminta bibit sereh ke tetangga sekitar rumah anda yang tentu saja mempunyai tanaman sereh.
  3. Pengolahan lahan tanaman sereh
  4. Pengolahan lahan pada tanah dihalaman pekarangan rumah, kita bisa membuat lahan dengan lebar dan luas kira" sekitar 20 cm x 15 cm dan perhatikan jarak dengan tanam dengan tanaman lainnya yang sudah ada disekitar lahan tanah halaman rumah anda. Cangkul tanah menggunakan sedok semen atau cangkul kecil agar tanah menjadi gembur dan memudahkan proses penanaman bibit tanam sereh. Tanah yang sudah dicangkul tadi sebaiknya dicampur dengan pupuk kompos dan gabah secara merata, kompos dan gabah ini digunakan dengan perbandingan 1:1 saja.
  5. Penanaman sereh yang baik
  6. Lubang tanam yang sudah kita persiapkan tadi yang sudah kita campur dengan pupuk kompos dan gabah tadi sebaiknya disiram terlebih dahulu, siram secara merata, dan diamkan tanah tadi beberapa saat, kira-kira selama kurang lebih 10 menit. Setelah selesai dilakukan penyiraman dengan air dan sudah didiamkan selama 10 menit maka bibit sereh sudah siap ditanam. Letakkan bibit sereh tersebut kedalam lubang yang sudah kita persiapkan tadi, kemudian timbun bibit dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos dan gabah tadi.
  7. Cara perawatan tanaman sereh yang baik
  8. Perawatan sereh yang baik tidaklah terlalu sulit, kita hanya melakukan penyiraman tanah pada sekitaran lahan yang terdapat tanaman serehnya. Jika kita menanam sereh pada musim kemarau ada baiknya kita melakukan penyiraman sereh sehari dua kali dengan memperhatikan kelembaban pada sekitaran tanah. Jika tanah dirasa terlalu lembab maka penyiraman sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari saja, ini dilakukan agar umbi batang sereh tidak membusuk, jika umbu sereh membusuk sudah dipastikan umbi sereh akan dengan mudah mengalami kematian pada tanaman sereh tersebut.
Pemeliharaan tanaman sereh oleh serangan hama pun sangat mudah kita lakukan. Jika tanaman sereh terjangkit hama seperti ulat bulu maupun hama jenis yang lainnya, kita bisa menyingkirkan atau memotong daun sereh yang terjangkit hama, sekali lagi kita tidak merekomendasikan dan memperkenankan penggunaan pestisida kimia dalam pemberantasan hama pada tanaman sereh.

Sangat mudah bukan menanam tanaman sereh yang ditanam pada lahan tanah yang ada dipekarangan rumah anda bukan..? Tidak terlalu ribet bukan menanam sereh itu ternyata. Cara menanam sereh yang baik dihalaman dan dipekarangan rumah anda akan bisa anda lakukan ketika anda memang mengetahui bagaimana cara menanam sereh dengan baik, cara merawat sereh yang baik. Dan sereh pun merupakan salah satu satu tanaman obat herbal yang wajib ada dihalaman atau dipekarangan anda.. Selamat mencoba...!!

4 comments

Wah... pemanfatan pekarangan rumah menjadi lebih bermanfaat yah... dari pada ditumbuhi rumput yang gak jelas...
Selain bermanfaat juga berkhasiat...
Salam,

Paling enak nanam sereh tinggal tanam dibiarkan saja bisa hidup apalagi dirawat

Iya kang dwi.. sangat mudah sekali menanam sereh itu, ga ribet, banyak manfaat dan khasiatnya pula... Thanks kang

iya kang dedy.. dari pada lahan pekarangan kosong lebih baik satu persatu ditanam tanaman jenis herbal yang tentu saja bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh.