-->

4 MANFAAT SEREH UNTUK KESEHATAN TUBUH

Khasiat Dan Manfaat Sereh Untuk Kesehatan - Serai atau biasa orang menyebutnya dengan 'sereh' adalah jenis tanaman rempah yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu pelengkap dalam setiap masakan. Tetapi susungguhnya manfaat serai yang lainnya adalah serai atau sereh bisa digunakan sebagai obat herbal tradisional alami yang mampu mengobati berbagai macam penyakit dan berbagai macam gangguan kesehatan pada tubuh kita.

manfaat-dan-khasiat-sereh-untuk-kesehatan

Dalam pemanfaatannya sereh atau serai ternyata bisa juga digunakan untuk bahan-bahan alami tradisional perawatan kecantikan kulit dan wajah untuk para kaum perempuan. Pun sudah banyak ramuan dan resep-resep kecantikan alami yang menggunakan sereh sebagai bahan dasar pembuatan berbagai macam produk kecantikan herbal. Misalkan sereh sebagai bahan dasar pembuatan sabun kecantikan yang berfungsi untuk menghaluskan kulit dan melembabkan kulit agar kulit tidak lagi terlihat kering dan bersisik.

Sereh atau serai mempunyai aroma dan bau segar yang sudah tentu sangat berbeda dengan tanaman herbal lainnya. Sama halnya dengan jahe merah, sereh pun memiliki kandungan minyak astiri yang cukup tinggi. Minyak astiri pada sereh bisa kita dapatkan dengan cara melakukan penyulingan dengan mengambil daun hijau segar pada tanaman sereh. Daun hijau segar pada sereh sengaja diambil agar mendaptkan minyak astiri yang berkualitas baik.

Kandungan Gizi Alami Yang Terdapat Pada Sereh

Kandungan kimia minyak astiri pada sereh ternyata mempunyai senyawa aktif berupa sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol. Kandungan-kandungan senyawa inilah yang terdapat pada sereh yang ternyata sangat efektif untuk bisa mengobati berbagai macam penyakit pada gangguan kesehatan tubuh kita.

Sereh juga mempunyai kandungan nutris dan vitamin yang cukup banyak. Vitamin yang bisa kita temui pada sereh antara lain  Vitamin A, B1, Vitamin B2, Vitamin B3, B5. Sementara kandungan mineral yang bisa ditemui pada sereh antara lain, potasium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan. Sementara sereh tidak sama sekali mengandung kolestrol atau lemak yang cukup merugikan untuk tubuh. Nah, dari kesemua mineral dan senyawa yang ada pada sereh ini lah maka sereh sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, maka tak mengherankan jiga tanaman sereh ternyata menjadi bahan alami tradisional yang dijadikan bahan untuk membuat obat tradisional yang kaya akan manfaat dan khadsiat.   

Khasiat Dan Manfaat Sereh Untuk Kesehatan

Sereh mempunyai kandungan zat sitronela, adalah zat yang menghasilkan aroma yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Maka tidak mengherankan sereh pun dimanfaatkan untuk pembuatan olesan anti nyamuk dan aroma terapi. Selain untuk pembuatan olesan obat anti nyamuk dan aroma terapi yang membuat bada rileks, sereh pun sangat bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat-obatan yang mampu mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya adalah:

manfaat-sereh-untuk-kesehatan-tubuh
  • Sereh sebagai obat anti kanker
  • Sereh yang mengandung zat senyawa citral merupakan salah satu senyawa zat anti kanker yang mampu menghambat pertumbuhan dan bahkan membunuh sel kanker namun tetap mempertahankan sel atau jaringan sehat dalam tubuh yang ditumbuhi oleh sel kanker.
  • Sereh sebagai obat diabetes
  • Salah satu pengolahan daun sereh untuk kesehatan dan obat untuk kesehatan adalah pengolahan sereh yang dijadikan teh. Teh daun sereh ternyata sangat bermanfaat dan sangat membantu memberikan terapi kepada penderita diabetes. Fungsi teh daun sereh ini adalah untuk membersihkan atau berguna sebagai detokfikasi yang berguna untuk meningkatkan fungsi pankreas dan bermanfaat untuk menurunkan kadar gula yang diderita oleh penderita diabetes.
  • Sereh sebagai anti inflamasi dan anti septik
  • Karena sifat anti-inflamasi dan anti-septik, biasaya jus serai dapat digunakan sebagai obat herbal yang digunanakan untuk mengobati arthritis, sakit asam urat dan sakit radang saluran kemih. Anti septik yang terdapat pada sereh pun bisa dimanfaatkan untuk membuat sabun mandi yang tentu saja dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya, tetapi dalam pembuatan sabun mandi ini sereh tidak dihilangkan sebagai bahan dasar pembuatannya.
  • Sereh sebagai obat minyak angin
  • Pengolahan daun sereh adalah daun sereh yang dijadikan minyak angin sereh. Cara pengolahannya untuk bisa dijadikan obat minyak angin daun sereh ini adalah dengan melakukan penyulingan daun sereh. Daun sereh mempunyai kandungan minyak atsiri yang cukup tinggi sama halnya dengan jahe merah. Minyak astiri ini lah yang kemudian diolah menjadi minyak angin yang berguna sebagai obat pereda flu dan demam yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh.
Nah dari penjabaran singkat mengenai sereh ini kita bisa tahu manfaat, khasiat dan kegunaan sereh secara umum, baik kegunaan sereh sebagai obat herbal alami tradisional, kegunaan sereh sebagai bahan alami perawatan kulit yang diolah menjadi sabun yang berfungsi menghaluskan dan melembabkan kulit tubuh. Pun dengan kandungan gizi yang terdapat pada sereh, ternyata sangat efektif menjaga stamina tubuh ketika daun sereh dijadikan teh.

Sereh pada fungsinya sebagai media penyembuh secara herbal maka sereh merupakan salah satu tanaman herbal yang wajib ada dipekarangan rumah anda. So, tanaman yang bisa tumbuh baik didataran rendah dan tinggi ini ternyata sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita bukan...?

12 comments

Hmm ternyata sereh juga ada kang manfaatnya okeh juga ya sereh ini.

iya kang iman...

Akang ini kader herbal saja atau menjual obat kang ?

sangat setuju jika sereh memang memiliki banyak manfaat dan khasiat yang makjleb, apalagi kami hidup dikampung obat herbal terutama sereh ini jadi obat mujarab.
nuhun sharenya

Tadi saya pikir, berguna untuk masak sayur saja...
Eh... ternyata bisa buat obat juga...
Salam,

Enak buat bumbu dapur manjur juga untuk pengobatan multi guna memang sere

hehehehe... saya kader herbal saja kang...

kembali membumi dikampung kang... hidup berdampingan dengana alam... alam yang menyediakan semuanya utk kita

This comment has been removed by the author.

iya.. kang dedy.. sereh memang bisa dijadikan bahan pembuatan berbagai jenis obat-obatan herbal

iya kang dwi.. sereh sangat berguna untuk obat terkait beberapa gangguan kesehatan pada tubuh kita kang, semoga artikelnya bermanfaat kang...

Bagus sekali artikelnya, sukses ya min. Informasinya menarik dan menambah wawasan