-->

KHASIAT DAN MANFAAT KAYU MANIS UNTUK KESEHATAN

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh - Kayu manis sudah sejak dahulu selalu dimanfaatkan sebagai salah satu bahan rempah-rempah alami yang bisa digunakan sebagai bahan campuran masakan khas asli nusantara. Tentu saja penggunaan kayu manis sebagai bumbu rempah pelengkap masakan ini terkait dengan kayu manis sebagai penguat aroma dan penambah citra rasa yang khas yang dikeluarkan oleh kayu manis itu sendiri sehingga masakan yang dihasilkan bisa lebih membangkitkan selera dan nafsu untuk segera menyantap makanan tersebut.

khasiat-dan-manfaat-kayu-manis-untuk-kesehatan-tubuh

Kayu manis selain bermanfaat sebagai bumbu rempah dalam setiap jenis masakan, ternyata kayu manis juga sangat berkhasiat dan bermanfaat sebagai obat alami herbal untuk berbagai penyakit dan kayu manis pun ternyata sangat berkhasiat dan bermanfaat sebagai bahan alami herbal yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan wajah khususnya bagi kaum wanita. Unsur antioksidan ini juga bermanfaat bagi manfaat kesehatan lain, termasuk kesehatan dan kecantikan kulit. 

Khasiat Dan Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

Pun kayu manis yang mempunyai nama latin Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum ini memang sudah sejak dahulu mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Kayu manis pun sudah dipakai sebagai bahan-bahan yang digunakan untuk meramu obat herbal alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Khasiat dan manfaat kayu manis sebagai obat herbal bisa digunakan untuk menyembuhkan antara lain:
  • Kayu manis sebagai obat pengontrol gula darah
  • Kandungan methylhydroxychalcone polymer (MHCP) yang terdapat pada kayu manis ternyata sangat berguna sebagai zat aktif yang mampu mengontrol gula darah, tentu saja kandungan methylhydroxychalcone polymer (MHCP) ini sangat bermanfaat dan berguna pada penderita diabetes. Kandungan methylhydroxychalcone polymer (MHCP) ternyata mempunyai efek yang sangat mirip dengan insulin yaitu obat yang biasa dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Maka gunakan kayu manis dengan takaran yang hampir sama setiap harinya jika anda terkena diabetes ini sebagai upaya agar gula darah anda tidak mengalami naik turun. Penggunaan kayu manis pada penderita diabetes tipe 2 ini ternyata tidak mempunyai efek samping sama sekali terkecuali anda memang mempunyai alergi terhadap kayu manis.

    manfaat-kayu-manis-untuk-obat-herbal-tradsional-alami

  • Kayu manis sebagai pengontrol kolestrol dalam tubuh
  • Khasiat dan manfaat kayu manis sebagai obat penurun dan pengontrol kadar kolesterol dalam tubuh tentu saja karena adanya kandungan zat dan senyawa yang terkandung dalam kayu manis itu sendiri. Misalnya beberapa senyawa aktif seperti alkaloid, flavaonoid, tanin, dan asam atsiri yang cukup tinggi yang terdapat didalam kayu manis. Kandungan-kandungan inilah yang mampu mengontrol dan menurunkan kolesterol didalam tubuh kita. Sebagai contoh cara mengolah kayu manis untuk obat penurun kolesterol adalah jika anda membuat jus buah segar maka tambahkan seperempat serbuk kayu manis dalam olahan jus buah segar yang anda buat, lalu minumlah.
  • Kayu manis sebagai suplemen untuk meningkatkan fungsi otak
  • Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan menurunnya fungsi dan memori otak kita adalah penyakit alzheimer. Ketika kita terjangkit alzheimer maka sudah otomatis akan semakin menurunnya fungsi dan memori otak kita. Tentu saja mengkonsumsi kayu manis secara rutin setiap harinya bisa membuat anda terhindar dari penyakit alzheimer ini. Kandungan yang terdapat pada kayu manis ini ternyata sangat terbukti mampu menangkal penyakit disfungsi otak kita.
  • Kayu manis sebagai suplemen pencegah pertumbuhan sel kanker
  • Penelitian terhadap efek penyembuh sel kanker yang diambil dari kandungan zat senyawa dalam kayu manis ternyata sangat efektif untuk bisa membatasi pertumbuhan penjalaran sel kanker usus besar, limfoma, dan leukimia. Kandungan zat cinnamaldehyde dan eugenol dalam kayu manis ini terbukti sangat efektif untuk itu.
  • Kayu manis sebagai efek anti oksidan
  • Kayu manis mempunyai efek anti oksidan yang sangat unik. Kandungan minyak essensial dan komponen organik yang secara aktif yang bisa menetralisir pulusi bebas yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, sehingga ketika mengkonsumsi kayu manis secara rutin bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan imun tubuh kita. Sehingga tubuh kita terjaga dari sakit demam dan flu yang disebabkan menurunnya sistem imun tubuh kita.
  • Kayu manis sebagai obat pereda sakit rematik
  • Kayu manis selian mampu mengobati diabetes, penyembuh obat rematik, obat pengontrol gula darah, kayu manis pun mampu digunakan sebagai obat pereda obat sakit rematik. Kayu manis terbukti mampu mengurai dan membuang sitokin berlebih dalam tubuh. protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik. Sitokin adalah protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopesis yang dapat menyebabkan sakit rematik pada tubuh.
Nah itulah sekelumit pembahasan mengenai khasiat dan manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh. Kayu manis yang mungkin hanya dianggap sebagai pelengkap rempah-rempah bumbu masakan saja, ternyata tersimpan khasiat dan manfaat yang cukup besar untuk kesehatan tubuh kita. Kayu manis pun kini menjadi sebuah obat herbal alami yang bisa digunakan untuk berbagai macam jenis penyakit seperti, mengobati diabetes, penyembuh obat rematik, obat pengontrol gula darah dan sebagai obat pereda sakit rematik. Penelitian soal khasiat dan kayu manis pun sudah banyak dilakukan maka tidak mengherankan jika kayu manis kini sudah banyak diproduksi oleh perusahaan-perusahaan farmasi sebagai bagian dari salah satu jenis obat-obatan herbal tradisional yang dimodernkan.

4 comments

ngomongin Kayu Manis, jadi inget masa muda kala berkesempatan jadi penyiar radio Kayu Manis - Jakarta.

emang bener banget sih mang kayu manis teh banyak khasiatnya, nih sampe sekarang kita sekeluarga selalu menyediakan kayu manis di dapur

Muhun kang... kayu manis ternyata sangat banyak manfaatnya... baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan....

Hmm ternyata kayu manis ini banyak juga ya manfaatnya.

sangat-sangat banyak manfaatnya kang iman.. hehehe