-->

RESEP DAN CARA MEMBUAT MINUMAN TRADISIONAL BAJIGUR

Resep Dan Cara Membuat Minuman Tradisional Bajigur - Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman herbal tradisional alami warisan kuliner tradisional nusantara yang satu ini, ya... Bajigur, adalah minuman herbal tradisional alami khas masyarakat Jawa Barat. Minuman bajigur ini menggunakan resep bahan pokok alami berupa santen dan gula aren sebagai bahan dasar pembuat utamanya. Tetapi dalam perkembangannya, resep dan cara pembuatan bajigur pun mengalami perubahan-perubahan agar memliki citra rasa yang lebih khas dan lebih berkhasiat lagi untuk kesehatan tubuh para pengkonsumsinya.

resep-dan-cara-membuat-minuman-tradisional-bajigur

Tentu saja penambahan bahan-bahan penunjang pada resep membuat bajigur tetap tidak dihilangkan, yaitu santan dan gula aren. Penambahan bahan-bahan pada resep membuat bajigur itu adalah jahe merah atau pun putih, kayu manis, vanili dan daun pandan. Perbedaan antara minuman wedang jahe dan bajigur tentu sangat bisa dikenali dengan mudah oleh kita. Pada resep dan cara membuat minuman tradisional wedang jahe khas daerah jawa tengah ini sama sekali tidak menggunakan santen pada campuran resepnya, sementara pada resep dan cara membuat minuman tradisional bajigur menggunakan tambahan santan untuk membuatnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, maka resep dan cara membuat minuman tradisional alami bajigur ini pun kini mengalami modifikasi. Modifikasi resep dan cara untuk membuat minuman bajigur ini adalah dengan mengganti santen (perasan sari kelapa), dimana santen ini diganti dengan menggunakan susu sapi sebagai sumber nabati hewaninya. Sementara modifikasi bahan-bahan yang digunakan pada resep dan cara pembuatan minuman tradisional herbal alami minuman bajigur ini adalah dengan menambahkan bahan-bahan herbal yang diyakini bisa menambah khasiat dan manfaat pada kesehatan tubuh para peminum bajigur itu sendiri, seperti penambahan cengkeh, dan batang daun sereh itu sendiri.

Dari bahan-bahan yang ada pada resep dan cara membuat minuman tradisional herbal alami bajigur ini kita bisa tahu apa manfaat dan khasiatnya mengkonsumsi minuman tradisional bajigur untuk kesehatan tubuh kita sendiri. Semisal penggunaan jahe merah sebagai bahan utama pembuatan minuman bajigur, kita tahu bahwa jahe merah dari dulu sudah dikenal sebagai bahan racikan untuk membuat berbagai macam obat-obatan herbal yang sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

manfaat-mengkonsumsi-bajigur-untuk-kesehatan-tubuh

Manfaat Minuman Tradisional Bajigur Untuk Kesehatan Tubuh

Ya, sudah barang tentu kita tidak akan lupa khasiat dan manfaat jahe merah untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi jahe merah yang sudah diekstrak menjadi serbuk dan mengkonsumsi jahe merah secara langsung dengan dijadikan minuman seperti pada minuman tradisional bajigur itu sendiri tetap saja tidak akan merubah khasiat jahe merah itu sendiri. Manfaat jahe sebagai obat alami ini pun sudah bisa dirasakan oleh orang-orang yang terkena sakit seperti rematik, asma, stroke, sakit gigi, diabetes, untuk obat sakit otot pegal linu, radang tenggorokan, mual serta kembung, dan sebagai obat turun panas disaat kita sakit demam, ini karena jahe merah mempunyai kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga mampu melawan dan menangkal virus patogen yang masuk kedalam tubuh.

Kandungan sereh pada minuman tradisional alami bajigur ini pun dipercaya mampu mengatasi perut kembung, sebah atau mual, meredakan pernafasan yang sesak, serta mampu mengembalikan stamina tubuh yang hilang akibat kita bekerja seharian. Sama seperti jahe merah, penggunaan sereh pada resep olahan minuman bajigur pun dipercaya mampu memberikan kehangatan pada tubuh akibat kita tubuh kita kedinginan. Maka minuman tradisional alami bajigur bisa kita jadikan suplemen minuman sehat alami yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, menyegarkan tubuh dan mengembalikan kebugaran tubuh akibat aktifitas yang padat disetiap harinya.

Resep Dan Cara Membuat Minuman Tradisional Alami Bajigur

Membuat olahan minuman tradisional herbal bajigur ini sangatlah mudah. Bahan-bahan yang untuk membuat minuman bajigur ini pun sangat mudah didapat dipasar-pasar tradisional maupun disupermarket disekitaran rumah anda.
A. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah:
  • Siapkan air mateng sebanyak 5 gelas
  • Siapkan santen sebanyak 200 militer atau secukupnya, sesuai dengan kebutuhan anda
  • Siapkan susu cair atau susu kental manis jika anda tidak ingin menggunakan santen dalam pembuatan minuman bajigur
  • Siapkan 250 gram gula jawa (gula merah) yang kemudian dirajang halus
  • Siapkan 200 gram jahe merah
  • Siapkan 6 biji cengkeh kering
  • Siapkan 2 batang sereh yang sudah digeprek
  • 3 lembar daun pandan
  • Siapkan 1 ruas jari kayu manis
  • Siapkan garam 1/2 sendok teh 
  • Siapkan 1 sendok teh serbuk kopi alami
cara-membuat-bajigur

B. Cara membuat minuman bajigur
  • Rebus air mateng sebanyak 5 gelas dalam panci, nyalakan kompor dengan api sedang saja.
  • Cuci bersih jahe merah, lalu kupas kulitnya hingga bersih kemudian kemudian iris tipis jahe merah bakar jahe merah tersebut, bisa langsung dimasukkan atau bisa juga diiris tipis terlebih dahulu sebelum disangrai, atau bisa juga jahe merah dibakar terlebih dahulu dimasukkan kedalam rebusan air tadi.
  • Cuci bersih daun pandan, cengkeh kering dan kayu manis, lalu masukkan kedalam rebusan air yang sudah disiapkan.
  • Cuci bersih 2 batang sereh dan geprek lalu masukkan.
  • Masukkan irisan gula merah (jawa) kedalam air rebusan.
  • Masukkan serbuk kopi sebanyak 1 sendok teh makan tadi kedalam campuran bahan-bahan yang sudah dimasukkan tadi.  
  • Kemudian masukkan santen jika memang menggunakan santen, Tetapi jika menggunakan susu cair atau susu kental manis, maka susu dimasukkan paling akhir, ini bertujuan untuk mencegah pemecahan vitamin dan enzim yang ada pada susu sehingga tidak mudah rusak atau hilang jika direbus terlalu lama.
  • Aduk-aduk campuran bahan-bahan secara perlahan hingga tercampur semua bahannya. Ingat merebus bahannya jangan terlalu lama jika kita menggunakan santen sebagai bahan pengganti santannya. Tetapi jiga menggunakan santan anda boleh merebusnya sesuai dengan keinginan anda sendiri.
Nah sangat mudah bukan membuat minuman tradisional bajigur khas Jawa Barat yang memang terkenal dengan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Jadi kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Tentunya membuat minuman sehat tradisional bajigur ini bisa dikonsumsi secara bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga yang ada, sehingga kebaikan mengkonsumsi dari minuman sehat tradisional bajigur ini bisa dirasakan secara bersama-sama. Selamat mencoba resep dan cara membuat minuman tradisional bajigur dirumah ya, semoga bermanfaat...!!!

4 comments

Assalamualaikum
Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via: {mail: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Halo

Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
Assalamu`alaikum wr wb,

Halo

Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan sebagian dari jumlah yang Anda butuhkan (Annisa Ahmad) ke sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, Kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor

Email: (annisaahmadlaoncompany@gmail.com) TambiƩn puede contactarnos por BBM pin (DB5121C1) Anda bisa menghubungi kami di FACE BOOK (Annisa Ahmad) (saya WhatsApp +393511318582)

saudara-saudara

Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
BBM: D8E814FC

Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
Gmail saya adalah

Ratu Efendi Lisa
efendiqueenlisa@gmail.com